Disdik Dayah Kota Lakukan Pemutakhiran Data Dayah, Ini Tujuannya

Banda Aceh – Dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola Dayah di wilayah Banda Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh melakukan program pemutakhiran data Dayah, Balai Pengajian dan TPA.

“Program pemutakhiran data ini kita lakukan dalam rangka penyusunan buku Profil Dayah serta bagian dari strategi Disdik Dayah Kota Banda Aceh dalam mengusulkan Program kerja kedepan,” ujar Plh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif SHI MH, Senin (30/7/2018), saat turun ke sejumlah Dayah. Disamping itu, pemutakhiran data dayah ini dilakukan dalam rangka sinergisitas data dengan Disdik Dayah Aceh guna penentuan tipe dayah di Kota Banda Aceh.

Kata M Syarif, pemutakhiran data dayah kali ini berbeda dengan Tahun 2017, dimana instrumen pemutakhiran data dilakukan sesuai standar yang telah disepakati bersama antara Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan Dinas seluruh Kabupaten/Kota di Aceh pada saat rapat koordinasi terpadu pengembangan dayah se-Aceh yang digelar pada awal Juli.

Katanya, data dayah yang telah disepakti bersama antara Propinsi dan Kabupaten Kota, dibuat berita acara. Setelah itu pihak Dinas Pendidikan Dayah Aceh menyerahkan blangko quisioner pemutakhiran data dayah yang nantinya akan diisi oleh Pimpinan Dayah.

“Data yang diisi ini kemudian dilakukan verifikasi ulang oleh Tim Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kanwil Agama Propinsi Aceh dan Dinas Dayah Kab/Kota Banda Aceh,” ungkap M Syarif.

Lanjutnya, saat ini data dayah di Banda Aceh berjumlah 35 Dayah, Balai Pengajian 364 dan TPA 153.

“Kebijakan satu data terintegrasi menjadi penting. Untuk itulah Disdik Dayah Kota Banda Aceh sejak Tahun 2018 telah merancang Aplikasi Sistem Informasi Data Dayah Terpadu yang lebih dikenal SIDARA,”  ujarnya.

Lanjutnya, untuk pengelolaan aplikasi ini, telah dilatih adminnya sejak tanggal 24 s/d 25 Juli 2018 di Aula Diskomtik Banda Aceh ungkap Syarif.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dayah atas kerjasama ini,” tutup Syarif. (*)


SHARE: