Hadiri Kongres UCLG Asia Pasifik, Aminullah disambut dengan Pengalungan Bunga

Surabaya – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM memastikan diri hadir pada rapat teknis Apeksi dan kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia Pasific (UCLG ASPAC) yang berlangsung di Surabaya dari 13 s/d 15 September 2018. Kongres ini dihadiri sekitar 800 peserta, termasuk para Wali Kota anggota Apeksi dan para Wali Kota anggota UCLG ASPAC. Ada 50 kota dari berbagai Negara di Asia Pasific yang mengikuti kegiatan ini.

Saat ini Aminullah sudah tiba di Surabaya. Saat menginjakkan kakinya di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Rabu (12/9/2018), Wali Kota Banda Aceh disambut dengan pengalungan bunga oleh Ketua LO Kongres UCLG ASPAC, Rokhani Setyarini.

Selain Aminullah, juga telah tiba di Surabaya sejumlah Wali Kota peserta kongres UCLG ASPAS, diantaranya Wali Kota dari Kota kota di Jepang, India dan Negara Asia Pasific lainnya.

Kata Aminullah, kongres UCLG ASPAC merupakan forum penting dimana kegiatan ini dapat memberikan peningkatan pemahaman tentang implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) kedalam perencanaan pembangunan daerah.

Katanya, Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) menginisiasi kegiatan rapat kerja teknis Apeksi yang pelaksanaannya dirangkai dengan Kongres ke-7 UCLG ASPAC.

“Rapat Kerja Nasional Apeksi di Tarakan beberapa waktu yang lalu, mengamanahkan agar pemerintah daerah mampu mensinergikan program yang terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) ke dalam RPJMD. Kongres ini merupakan tindak lanjut dari apa yang diamanahkan Rakernas Apeksi Tarakan,” ungkap Aminullah.

Kongres UCLG ASPAC dan rapat teknis Apeksi ini digelar untuk meningkatkan pemahaman terhadap 17 tujuan dan 169 target pembangunan berkelanjutan, memahami mekanisme pengintegrasian tujuan pembangunan berkelanjutan dalam dokumen perencanaan daerah, memahami pembelajarana pemerintah daerah yang telah melakukan pengintegrasian TPB dalam dokumen perencanaannya serta pelaksanaannya. Tujuan lain, lanjut Aminullah, untuk merumuskan rekomendasi kepada pemerintah sebagai langkah efektif dalam pencapaian TPB di pemerintah daerah.

Kegiatan Kongres UCLG ASPAC dan rapat teknis Apeksi ini digelar di Hotel Dyandra, Surabaya dan menghadirkan keynot speaker Menteri BPN/Kepala Bappenas. (mkk)

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo