Wali Kota: Karya Arsitek Berperan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta Ikatan Arsitek Indonesia Aceh (IAIA) ikut bersama sama Pemko membangun Banda Aceh menjadi lebih indah.

Permintaaan ini disampaikan Aminullah saat melakukan pertemuan dengan jajaran pengurus IAIA, Rabu (27/3/2019) di pendopo Wali Kota.

Kata Aminullah, saat ini banyak bangunan bangunan di Banda Aceh yang memilki nilai sejarah namun belum memiliki arsitektur menarik yang mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak. 

“Kita banyak bangunan bersejarah, heritage, tapi belum mampu kita desain dengan baik. Arsitektur dapat mendefinisikan karakter kita, karakter asli Aceh dengan desain yang lebih kekinian. Karenanya diperlukan ide ide kreatrif dari teman teman arsitek,” ujar Aminullah.

Aminullah menyampaikan, dirinya memiliki cita cita besar meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh. Katanya, para arsitek dapat berkontribusi dengan karya karya mereka mendesain bangunan bangunan di Banda Aceh lebih menarik sesuai karakter masyarakat Aceh yang kental dengan Islam. Karenanya, Aminullah mengatakan organisasi IAIA dapat bekerjasama dengan Pemko Banda Aceh dalam mewujudkan cita cita tersebut.

“Mungkin bisa kita buat kerjasama, nanti bisa lebih banyak dituangkan ide ide dari IAIA untuk kota ini. IAIA dapat berperan melahirkan ikon-ikon desain bangunan dan infrastruktur dengan karakter kita yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh,” kata Wali Kota.

Diungkapkan Aminullah, tingkat kunjungan wisata ke Banda Aceh mengalami kenaikan yang signifikan, terutama dalam dua tahun terkahir. 

“Dari tahun 2017 ke tahun 2018 tercatat kenaikan hingga 105 ribu orang, dimana jumlah kunjungan wisata tahun 2018 lalu mencapai 400 ribu lebih. Jauh meningkat dari tahun tahun sebelumnya yang hanya mengalami kenaikan sekitar 5 ribu wisatawan per tahun,” ungkap mantan Dirut Bank Aceh ini.

Aminullah meyakini, dengan adanya kontribusi dari IAIA sendiri, angka tersebut akan meningkat lagi karena akan lebih banyak ikon ikon baru mantinya dari karya para arsitek.

Ketua IAIA, Teuku Ivan menyambut baik ajakan Wali Kota. Dirinya dan para arsitek memiliki semangat yang sama mendukung program pembangunan Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Amin-Zainal.

Pihak Ikatan Arsitek Indonesia Aceh juga mengungkapkan kekaguman mereka terhadap keinginan keras Wali Kota yang terus menerus memperindah kota.

“Kami melihat Pak Wali dan jajaran tidak berhenti dan terus bekerja keras memperindah kota ini. Kami siap membantu memberikan ide ide untuk membangun kota ini Pak,” ujar Teuku Ivan. (mkk)


SHARE: