Aminullah Harap Kaum Perempuan Mampu Kelola Organisasi dengan Baik

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman membuka secara resmi Pelatihan Manajemen Organisasi bagi Perempuan, Senin (19/8/2019) di Gedung ITLC Banda Aceh.

Turut hadir pada acara pembukaan, Ketua TP PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR, Kepala DP3AP2KB Kota Banda Aceh Media Yulizar, Kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh, T Samsuar,  Kabag Tata Pemerintahan, Ria Jelmanita dan Kabag Organisasi, Heri.

Pelatihan ini diikuti 60 perserta dari berbagai organisasi perempuan di Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Aminullah berharap para perempuan mampu mengelola organisasi dengan baik. 

Kata Wali Kota, kegiatan ini pelatihan digelar agar dapat mengidentifikasi persoalan dasar dalam pengembangan sebuah organisasi perempuan, serta mendapatkan formula serta langkah perbaikan mengatasi persoalan itu. 

“Setelah pelatihan ini juga kita harapkan dapat menetapkan kebijakan-kebijakan strategis organisasi sesuai dengan kebutuhan terkini dan mendorong regulasi pembangunan Kota yang ramah gender,” harap Wali Kota.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh yang telah menginisiasi dan memfasilitasi kegiatan ini.

Kata Aminullah, kegiatan pelatihan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan keahlian kepemimpinan perempuan dalam manajemen organisasi.

 

 

Wali Kota menilai kegiatan ini menjadi penting mengingat saat ini peran perempuan dalam pembangunan bangsa semakin diperlukan. 

Katanya, hampir di setiap bidang kehidupan, perempuan sudah dapat merambah dan menancapkan eksistensinya. Perempuan sebagai salah-satu elemen masyarakat mempunyai peranan yang signifikan dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

Karenanya, lanjut Aminullah Pemko terus berupaya mendorong peningkatan SDM perempuan agar semakin berkontribusi untuk pembangunan kota sesuai kapabilitas dan kemampuan yang mereka miliki.

Ketua panitia pelaksana yang juga Kabid Kesetaraan Gender DP3AP2KB Kota Banda Aceh, Nova Indriani mengatakan kegiatan ini diikuti oleh para perempuan dari unsur Ketua PKK Gampong (Desa), Pengurus Tuha Peut Perempuan, Pengurus Balee Inong, Pengurus Karang Taruna Perempuan dari Kecamatan dan perwakilan disabilitas dari organisasi perempuan lainnya.

Kata Nova, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memperkuat konsep organisasi perempuan sehingga mampu mengelola dan merancang perencanaan organisasi serta mampu menyusun rencana tindak lanjut sehingga dapat meningkatkan peran perempuan dan terlibat aktof dalam pembangunan.

Lanjut Nova, tujuan lain dari kegiatan ini digelar adalah untuk mengindentifikasi persoalan, peluang dan tantangan organisasi perempuan. 

Para peserta juga diharapkan mampu membangun networking untuk memperkuat partisipasi perempuan dalam pembangunan Kota Banda Aceh setelah mendapatkan tambahan pengetahuan pada kegiatan ini.

Sebanyak 60 peserta pelatihan ini akan mendapatkan suguhan materi dari beberapa narasumber yang dihadirkan panitia. Adapun narasumber tersebut adalah, Kepala DP3AP2KB Media Yulizar, unsur Kesbangpol Kota, Zulkifli dan Sri Rahmi dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (mkk)


SHARE: