Illiza Resmikan PAUD IT Insan Madani

Banda Aceh – Pendidikan merupakan aset penting yang akan menentukan karakter anak, kemajuan dan perkembangan kedewasaan anak. Pendidikan anak pada usia dini merupakan periode emas untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.

Demikian diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal saat meresmikan pemakaian gedung baru PAUD Islam Terpadu Insan Madani yang terletak di Gampong Pango Deah, Ulee Kareng, Minggu (29/5/2016).

“Anak juga merupakan aset terpenting bagi setiap orang tua, dan tahapan pendidikan sesuai usia anak harus benar-benar kita perhatikan. Pada usia 0-5 tahun perlakukan anak kita layaknya ratu dan raja, 7-15 tahun gembleng dengan pendidikan agama, dan pada usia 14-20 tahun jadikan anak kita sebagai seorang sahabat,” katanya.

Menurutnya, peran utama orang tua dan guru adalah membangun karakter anak yang berakhlakul karimah -berakhlak Al-Quran. “Sehingga ketika ia tumbuh dan berkembang bisa menjalankan Syariat Islam secara kaffah.”

Pemerintah Kota Banda Aceh, ungkap Illiza, sangat mengapresiasi kehadiran PAUD binaan Yayasan Al Hidayah Nyakman ini di Banda Aceh. “Dengan adanya PAUD IT Islam Terpadu di Gampong Pango Deah ini, maka kini kesembilang gampong di Ulee Kareng telah memiliki PAUD. Ini sesuai dengan program kita untuk mewujudkan satu gampong satu PAUD.”

“Namanya juga sesuai visi Banda Aceh Model Kota Madani. Saya berharap sekolah ini dapat menjadi role model sebagai PAUD berkarakter Al-Quran. Semoga pula mampu mencetak generasi yang saleh dan saleha yang nantinya akan menjadi penerus kepemimpinan di Kota Madani ini. Smart generation for smart people, smart people for smart city.”

Ketua Yayasan Al Hidayah Nyakman Sakhiyah Hidayat menyebutkan PAUD IT Insan Madani terdiri dari Taman Kanak-kanak IT, Kelompok Bermain, dan Taman Pengasuhan Anak. “Ini PAUD kedua kita di Banda Aceh, yang pertama terletak di komplek Masjid Baitussalihin Gampong Ceurih.” 

Ia menambahkan, PAUD bermotto Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter ini awalnya dirintis di Jakarta pada 2005 silam. Selanjutnya pada 2006 pihaknya juga mendirikan lembaga pendidikan di Meukek, Aceh Selatan, yang terdiri dari PAUD, SD, SMP, dan SMA. “Khusus SMA sistemnya boarding school yang kini menjadi sekolah favorit dan rujukan di Aceh Selatan.”

“Baru 2014-2015 lalu kami bangun PAUD IT Insan Madani di Pango Deah dengan konsep pendidikan holistik berbasis karakter. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat bermanfaat bagi masyarakat Banda Aceh untuk kebutuhan pendidikan anak usia dini,” kata Sakhiyah seraya mengharapkan bantuan dari Pemko Banda Aceh terkait program-program pelatihan guna meningkatan kompetensi bagi para guru PAUD.

Di antara ratusan wali murid yang hadir pada acara peresmian gedung baru PAUD IT Insan Madani tersebut antara lain Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Jasman J Ma’ruf, anggota DPRK Banda Aceh Isnaini, dan sejumlah pejabat Pemko Banda Aceh. (Jun)


SHARE: