Cek Zainal Buka Pelatihan 10.000 UMKM Bersama BRI

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin membuka secara resmi Pelatihan 10.000 UMKM Bersama BRI di Kyriad Muraya Hotel, Senin (18/11/2019).

Diikuti oleh 100 pelaku UMKM, dalam ajang itu diberikan pelatihan Pendidikan Administrasi, Manajemen Keuangan, Entrepreneurship, Akses Perbankan, dan e-commerce.

Dalam sambutannya, Cek Zainal -sapaan akrab Zainal Arifin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BRI yang telah memfasilitasi  pelatihan yang sangat bermanfaat.

“Ini menunjukkan komitmen BRI untuk terus menjadi penggerak ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Banda Aceh,” katanya.

Pemko Banda Aceh, sebutnya, juga terus berupaya agar UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kota dapat terus menggeliat.

Soal permodalan, selain banyak lembaga keuangan termasuk BRI, pihaknya juga telah mendirikan LKMS Mahirah Muamalah. “Ini untuk membantu pengusaha kecil yang tak terakses oleh perbankan, dan juga untuk memutus mata rantai rentenir.”

Terkait pemasaran, Pemko Banda Aceh bersama dengan instansi terkait akan terus mendukung para pelaku usaha UMKM dengan melaksanakan berbagai event yang memberi multieffect seperti Pekan Kreatif UMKM, Expo, Car Free Day dan lain-lain.

“Sementara terkait perizinan, kita telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dapat memudahkan para pelaku usaha mengurus berbagai keperluan termasuk perizinan. MPP ini akan memberikan layanan terpadu one stop service,” katanya.

Pimpiman Wilayah BRI Aceh Handaru Sakti mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan 124 tahun BRI. “Digelar serentak di Indonesia. Untuk Banda Aceh kita gelar tiga kali dengn target peserta sebanyak 300 orang. Target secara nasional 10.000 UMKM.”

Ia pun menegaskan komitmen BRI untuk memberdayakan UMKM. “Pelatihan ini wujud kepedulian BRI. Kita juga punya Kredit Usaha Mikro (KUR) yang bunganya bsudah turun dari sembilan ke tujuh persen. Untuk mikro bisa Rp 25 juta, kalau ritel bisa sampai Rp 500 juta,” katanya. (Jun)


SHARE: