Ikuti Rakerda se-Aceh, Dekranasda Banda Aceh Tampilkan Produk Unggulan

Pidie – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh yang dipimpin langsung oleh Hj Nurmiaty AR selaku ketua bersama Wakil Ketua, Hj Fauziah, Senin (25/11/2019), mengikuti pembukaan Rapat Kerja Daerah Dekranasda se-Aceh di aula Pidie Convention Center.

Rapat kerja (raker) yang diikuti oleh seluruh Dekranasda se-Aceh itu juga dihadiri oleh Plt Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM. Daud. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari (25 s/d 27).

Dalam sambutannya, Dyah meminta agar kepala pemerintahan se-Aceh untuk mengimbau seluruh elemen pemerintah menggunakan produk kerajinan dan olahan lokal dalam setiap kegiatan.

“Seluruh elemen-elemen pemerintah harus mendukung kemajuan produk unggulan masing-masing daerah sehingga kesejahteraan pengrajin ikut meningkat,” kata Dyah.

Dengan adanya imbauan pimpinan pemerintahan di seluruh kabupaten dan kota se-Aceh, Dyah yakin kesejahteraan keluarga akan tercipta. Apalagi jika imbauan itu dipatuhi hingga ke tingkat swasta dan BUMN di seluruh Aceh.”Pengrajin harus jadi elemen dalam memperkuat ekonomi daerah.”

Sesuai dengan visi Dekranasda Aceh yaitu memakmurkan pengrajin, Dyah meminta dukungan seluruh pemangku kepentingan di seluruh daerah di Aceh. Cara lain yang harus giat dilakukan adalah membina pengrajin untuk menciptakan karya unggulan daerah.

“Lewat pertemuan ini kita bisa merumuskan langkah strategis bagi tumbuhnya inovasi dan kreativitas pengrajin dalam menghasilkan produk berkualitas,” kata Dyah.

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud mengatakan Dekranasda perlu meningkatkan sinergitas khususnya dengan instansi terkait sehingga berdampak pada kemajuan industri daerah.

Para pengurus Dekranasda, ujar Wabup harus berperan aktif dan berinovasi dalam menciptakan pengrajin sehingga karya mereka punya kualitas baik dan bernilai tinggi. “Dengan demikian akan lahir produk kreatif yang punya nilai tinggi,” kata dia.

Dekranasda Banda Aceh Tampilkan Produk Unggulan

Dekranasda Banda Aceh yang ikut membuka stand di halaman Auditorium Pidie Convention Center pun memamerkan sejumlah produk unggulan karya perajin Banda Aceh, diantaranya dompet dan tas motif Aceh, kopi, bordir motif Aceh, jus Nipah hingga kue Nomboisa dengan pastel berisi daun mlinjo, kelapa dan plik u khas Aceh.

Kata Nurmiaty, disamping mengikuti Raker, Dekranasda Kota Banda Aceh juga memanfaatkan pameran ini sebagai ajang mempromosikan produk unggulan tersebut.

“Kita memanfaatkan ajang ini sebagai promosi produk unggulan kita. Harapannya semakin banyak karya perajin dan hasil UMKM Banda Aceh dikenal ke seluruh penjuru daerah,” ujar Nurmiaty di Stand Dekranasda Kota Banda Aceh.

Di sana, Stand Dekranasda Banda Aceh pun mendapat perhatian langsung istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati. Dyah bersama sejumlah pengurus Dekranasda Provinsi berkesempatan mengunjungi stand ini dan disambut langsung Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR. (riz)


SHARE: