Dewan Apresiasi Banda Aceh Raih Nilai Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik

Banda Aceh – Ketua Komisi I (Bidang Pemerintahan dan Hukum) DPRK Banda Aceh, Musriadi Aswad M Pd mengapresiasi dan bersyukur atas prestasi Pemerintah Kota Banda Aceh yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik. Penilaian itu dilakukan oleh Komisi Informasi Aceh (KIA) lewat ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019.

Apresiasai ini disampaikan Musriadi Aswad, Rabu (4/12/2019).

Musriadi mengatakan, prestasi ini menunjukkan Pemerintahan Kota Banda Aceh semakin informatif, dimana mampu menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakatnya, dengan lebih memudahkan dalam berbagai aksesnya. 

“Kota Banda Aceh pun menjadi satu-satunya yang berhasil mencapai kualifikasi Informatif. Ini patut kita apresiasi,” kata Musriadi Aswad.

lanjutnya, keterbukaan informasi publik adalah implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik, sehingga tujuan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan informasi publik yang berkualitas kepada masyarakat, terlaksana dengan baik.

Musriadi berharap, pencapaian prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. 

“Intinya, tetap terbuka dan tidak ada informasi yang ditutupi. Semua masyarakat, berhak mendapatkan informasi khususnya pelayanan publik,” kata Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh meraih nilai tertinggi dalam bidang keterbukaan informasi publik. 

Penilaian itu dilakukan oleh Komisi Informasi Aceh (KIA) lewat ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019.

Nilai yang diraih Banda Aceh jauh diatas 22 kabupaten/kota lain di Aceh, plus 137 badan publik lainnya yang dievaluasi oleh KIA tahun ini. 

Banda Aceh menjadi satu-satunya yang berhasil mencapai kualifikasi Informatif dengan rentang nilai 97-100.

Plakat dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada acara penganugerahan di Aula Serba Guna Setda Aceh, kemarin.[]


SHARE: