Nurmiaty Harapkan DWP Jadi Motor Penggerak Organisasi Wanita

Banda Aceh – Sebagai organisasi kemasyarakatan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang beranggotakan para istri Pegawai Negeri Sipil dituntut bukan hanya menopang keberhasilan tugas suami, tapi juga harus dapat menjadi motor penggerak bagi organisasi-organisasi wanita lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Penasehat DWP Kota Banda Aceh Nurmiaty AR pada peringatan HUT DWP ke-20 tingkat Kota Banda Aceh yang dipusatkan di Gedung ITLC, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, dalam kiprahnya DWP harus bisa melakukan kemitraan kerja sama yang baik dengan pemerintah maupun swasta, dalam bentuk kegiatan nyata yang bisa berdampak langsung atau tidak langsung bagi kemajuan wanita.

Perkembangan dan perubahan zaman yang terasa begitu cepat saat ini, merupakan suatu tantangan yang menuntut pembuktian  peran serta manfaat DWP di tengah-tengah masyarakat. “Untuk itu, tidak ada cara lain bagi Dharma Wanita kecuali memperkuat setiap lini dengan terus menggali potensi yang ada untuk beraktivitas dan berkreasi guna mendukung kinerja yang optimal,” katanya.

Pada peringatan HUT DWP yang ke-20 ini, tema yang diangkat adalah “Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”. “Tema ini sangat relevan dalam menempatkan Dharma Wanita sebagai mitra strategis dalam pembangunan. “Karena selaku istri dan ibu rumah tangga senantiasa dapat menambah pengetahuan, membuka wawasan, serta mendukung program-program pemerintah.”

Oleh karenanya, ia pun berharap ke depan DWP terus berkembang bukan saja di organisasinya, tetapi juga mampu bersinergi dengan PKK dan Dekranasda yang ada di gampong-gampong dalam berbagai kegiatan, misalnya melalui Bazar, Santunan, Donor Darah, Pencegahan Stunting, dan lain-lain.

“Saya yakin Dharma Wanita Persatuan Kota Banda Aceh akan menghasilkan program kerja yang dapat diimplementasikan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga kota,” ungkap istri Wali Kota Banda Aceh ini.

“Akhirnya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Ke-20. Semoga sukses selalu dan menjadi ibu-ibu yang berperan aktif dalam pembangunan Kota Banda Aceh menuju visi Gemilang dalam Bingkai Syariah,” pungkasnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua DWP Banda Aceh Buraida Bahagia mengatakan sebelumnya puncak acara peringatan hari jadi DWP, pihaknya telah menggelar beragam kegiatan baik yang berisifat internal maupun eksternal.

“Kami telah merampungkan program Saweu Sikula yang dalam dua terakhir menjadi program unggulan DWP Banda Aceh. Kemudian ada pelatihan menjahit seprai, penyerahan KIA bagi siswa TK dan SD, seminar DWP kreatif dan wanita sukses, serta aneka lomba seperti lomba masak dan lomba sulam pita,” katanya.

Tujuan rangkaian kegiatan tersebut untuk memupuk persatuan dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama anggota DWP, meningkatkan kapasitas para anggota, selain mendampingi suami dan mendidik putra-putri. “Semoga kebersamaan kita pada 2020 semakin erat lagi dan kami mampu berbuat lebih banyak bagi masyarakat,” katanya lagi.

Ditutup dengan pemotongan tumpeng ketan dan makan bersama, acara tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0101/BS, Bhayangkari Polresta Banda Aceh, Ikatan Adhyaksa Dharma Karini, Dharma Yuti Karini, dan segenap pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Banda Aceh. ()


SHARE: