berita utama
Wakil Wali Kota Buka Bimtek Penyusunan IKU 2017

21 Feb 2017 | Dikunjungi sebanyak 96 kali.

Banda Aceh - Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kota Banda Aceh 2017, Selasa (21/2/2017...

Bertemu Usai Bertarung di Pilkada, Illiz...

18 Feb 2017 | Dikunjungi sebanyak 131 kali.

Banda Aceh – Sikap jiwa besar ditunjukkan Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE usai bertarung di kontestasi Pilkada Banda Aceh yang digelar 15 February lalu. Illiza bertemu langsung Aminullah ...

Usai Gunakan Hak Pilih, Illiza Pantau Pr...

15 Feb 2017 | Dikunjungi sebanyak 124 kali.

Banda Aceh - Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa'aduddin Djamal telah menggunakan hak pilihnya di Pilkada 2017. Tercatat sebagai warga Lamdingin Kecataman Kuta Alam, Illiza menggunakan hak pilihnya di...


Banda Aceh Kini Miliki Satgas Saber Pungli

Ditulis oleh: Afrizal | Dikunjungi sebanyak 274 kali.
05 Jan 2017

Plt Walikota Banda Aceh sedang mengukuhkan dan mengambil sumpah Tim Satgas Saber Pungli Kota Banda Aceh, Kamis (5/1/2016) di Aula Madani Lantai II, Gedung A, Balaikota Banda Aceh. Foto: Irwansyah P

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh saat ini sudah memiliki Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang disingkat Tim Satgas Saber Pungli. Plt Walikota Banda Aceh, Ir H Hasanuddin Ishak telah melakukan pengukuhan dan pengambilan sumpah tim Satgas Saber Pungli, Kamis (5/2/2016) di Aula Madani Lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh. Tim ini sendiri beranggotakan pejabat dari jajaran Polresta, Kodim 0101/BS, Pemko Banda Aceh, Kejari Banda Aceh, MPU dan Akademisi.

Pengukuhan Tim Satgas Saber Pungli ini turut disaksikan Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin SH, Dandim 0101/BS Letkol Inf Mahesa Fitriadi SAP dan Kajari Kota Banda Aceh Husni Thamrin.

Usai pengukuhan, Hasanuddin Ishak menyampaikan terbentuknya Tim Satgas Saber Pungli merupakan amanah dari Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). 

“Berdasarkan Perpres ini, Pemerintah telah memberikan legalitas kepada Satgas Saber Pungli untuk memberantas praktek Pungli di Indonesia, termasuk di Kota Banda Aceh,” ujar hasanuddin Ishak.

Kata Hasanuddin, Satgas Saber Pungli memiliki empat fungsi, yakni Intelijen, Pencegahan Dan Sosialisasi, Penindakan serta Yustisi. Satgas Saber Pungli juga diberi kewenangan untuk melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

“Dengan adanya Perpres ini, masyarakat dapat secara langsung melaporkan praktek-praktek pungli yang dilakukan oleh aparat di instansi Pemerintah, TNI dan Polri kepada Satgas Saber Pungli,” ungkap Hasanuddin Ishak.

Hasanuddin juga mengungkapkan, ‎Satgas Saber Pungli di Kota Banda Acehsebenarnya sudah berkerja sebelum pengukuhan, karena tim ini telah mulai melakukan identifikasi kegiatan pungli pada pelayanan pemerintahan, namun belum pernah menemukan kasus-kasus pungutan liar.

“Pengukuhan hari ini sebagai bentuk sosialisasi ke publik bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh memiliki komitmen yang tinggi dan sangat serius untuk memberantas pungli yang ada. Baik dalam skala  besarmaupun skala kecil,” tambah mantan Kepala Dishubkomintel Aceh ini.

Kepada masayarakat, Hasanuddin juga menghimbau agar dapat terlibat lebih aktif dalam aktivitas pemberantasan pungli. Selain dengan cara melaporkan aktivitas pungli kepada Satgas Saber Pungli Kota Banda Aceh, masyarakat juga diminta tidak ikut serta dalam praktek pungli, seperti ikut membayar agar layanan dipercepat atau dimudahkan oleh petugas. 

“Adanya peran serta masyarakat dalam pemberantasan pungli, makakeberadaan Satgas Saber Pungli di Kota Banda Aceh dapat dimanfaatkan secara efektif. Kami berharap hadirnya tim ini, maka kita akan dapat terus memberikan pelayanan yang bersih dan berkualitas kepada seluruh masyarakat kota dan semua instansi di Pemerintahan Kota Banda Aceh dapat dinyatakan bebas pungli,” harap Hasanuddin. (mkk)


Update: 05-01-2017
Fasilitas Online
Generic placeholder image

Layanan LPM

LPM (Layanan Pengaduan Masyarakat) adalah aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan saran, kritik dan pengaduan melalui email dan pesan singkat terkait Kota Banda Aceh.

Kunjungi sekarang »

Generic placeholder image

Aplikasi e-Kinerja

e-Kinerja adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisa jabatan dan beban kerja. Aplikasi ini adalah salah satu bentuk tindak lanjut yang dilakukan Pemko Banda Aceh dalam rangka Reformasi Birokrasi.

Kunjungi sekarang »

Generic placeholder image

Layanan LPSE

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) merupakan aplikasi e-procurement yang dikembangkan oleh Direktorat e-Procurement - LKPP dan telah digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sejak tahun 2008.

Kunjungi sekarang »

Berita Terbaru

Pemerintah Kota Banda Aceh - Jl. Tgk. Abu Lam U No.7, Banda Aceh 23242 | Telp (0651)22744

Copyright © 2017 Humas Setdakota Banda Aceh