Walikota Shalat Gerhana Bersama Warga di Masjid Baiturrahim

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE melaksanakan shalat khusuf (Shalat gerhana) bersama ribuan warga kota di Masjid Baiturahim, Ulee Lheue, Rabu (9/3/2016).

Shalat dilaksanakan tepat pada pukul 07.45 Wib, sesaat setelah gerhana matahari terjadi dari bumi Serambi Mekkah, yakni pukul 07.22 Wib. Walikota tampak berbaur bersama warga dan berdiri di shaf paling depan diantara jamaah perempuan. Shalat gerhana matahari di Masjid Baiturrahim diimami Ustad Ivan Aulia Lc MA. Setelah shalat gerhana, jamaah yang meluber hingga ke halaman Masjid Baiturrahim juga ikut mendengarkan ceramah yang disampaikan Ustad Faturrahmi M Si.

Selain di Masjid Baiturrahim, ribuan warga kota lainnya juga ikut melaksanakan shalat gerhana di Masjid-masjid lain di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, seperti Masjid Agung Al-Makmur, masjid Al-Jihad, masjid Jami’ Kampus Unsyiah, Masjid Al-Fitra, Masjid Al-Hayad Labui, Masjid Al-Muhajirin Blang Bintang, MARKAZ Dakwah Al-Islah, SMP IT Nurul Zikri, masjid Ma’had Assunnah Lampeuneurut, Masjid Baitul Musyahadah (Kupiah Meukutop) dan Masjdi Tungkop.

Seperti diberitakan sebelumnya, menjelang fenomena alam gerhana matahari yang terjadi di Indonesia, Illiza mengeluarkan surat himbauan kepada warga kota untuk melaksanakan shalat gerhana. Walikota mengeluarkan seruan, yakni Surat Walikota Nomor 450/0336 ter tanggal Selasa 8 Maret 2016 yang ditujukan kepada para keuchik dan pengurus Masjid/Meunasah/Mushalla dalam wilayah Kota Banda Aceh untuk melaksanakan shalat gerhana berjamaah di gampong masing-masing.

Pantauan dilapangan, Walikota bersama suami, Ir Amir Ridha tiba di Masjid Baiturrahim 20 menit jelang shlat subuh. Sebelum menuju ke Gedung Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah yang tidak jauh dari lokasi Masjid Baiturrahim untuk mengamati fenomena langka ini, Illiza terlebih dahulu menunaikan shalat subuh bersama warga.

Kira-kira 15 menit setelah melaksanakan shlat Subuh, Illiza bersama warga berjalan kaki dan menuju gedung TDMRC, tepatnya di lantai IV untuk mengamati fenomena gerhana matahari menggunakan teleskop. (Mkk)

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo