berita utama
Pantau Persiapan Lokasi Penas KTNA, Illi...

24 Apr 2017 | Dikunjungi sebanyak 187 kali.

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE bersama Sekdakota Ir Bahagia DiplSE dan sejumlah Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh, Minggu (23/4/2017) mengunjungi lok...

Yuk Ikutan Lomba Foto Instagram Banda Aceh 812!

23 Apr 2017 | Dikunjungi sebanyak 294 kali.

  Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh kembali menggelar lomba foto instagram. Mengusung tema “Bersama dalam Kemadanian”, l...

Di Sidang Paripurna HUT 812, Illiza Bebe...

22 Apr 2017 | Dikunjungi sebanyak 433 kali.

Banda Aceh – Hari ini, 22 April 2017 Kota Banda Aceh genap berusia 812 tahun. Peringatan Hari Jadi Banda Aceh digelar dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRK Banda Aceh dengan agenda Peringatan H...


Buka Raker MPU, Illiza Tekankan Peran Sakral Ulama dalam Mempersatukan Umat

Ditulis oleh: Hafid Junaidi | Dikunjungi sebanyak 248 kali.
14 Mar 2017

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal membuka secara resmi rapat kerja (Raker) Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh 2017, Selasa (14/3/2017). Raker MPU Banda Aceh tahun ini mengangkat tema "Peningkatan Kualitas Kinerja MPU dalam Mempersatukan Umat". 

Acara yang berlangsung di Aula Kantor MPU Banda Aceh ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari anggota MPU, perwakilan dari Dinas Pendidikan Dayah, MAA, DSI, Baitul Mal, Satpol PP/WH, Bapedda, Bagian Keistimewaan Setda dan Camat se-Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza mengungkapkan pada dasarnya umat islam terikat dengan ukhuwah islamiyah, namun saat ini tak dapat dipungkiri kondisi umat sudah terpecah-belah. “Dalam kondisi seperti ini ulama memegang peran penting dan sakral dalam mempersatukan umat.” 

Ia mengharapkan MPU menjadi tempat paling netral dan tidak memihak demi kepentingan golongan tertentu. “Dengan ilmu, ulama bisa menyatukan perbedaan pendapat. Harapan saya, peran MPU ke depan semakin meningkat, dan mampu mempersatukan umat dengan Al-Quran dan Sunah. Pemerintah siap memberikan dukungan penuh,” katanya.

“Pada masa-masa mendatang saya titipkan pesan agar marwah ulama selalu dijaga, dan sinergi ulama dan umara terus terjalin dengan baik. Kejayaan Islam pada masa silam dapat diraih saat Syariat Islam berjalan tegak di bumi Aceh, dan itu karena para pemimpinnya selalu dekat dengan ulama,” pungkasnya.

Senada dengan Illiza, Ketua MPU Banda Aceh A Karim Syech menyebutkan MPU dengan tiga komponen utamanya yakni anggota MPU, Sekretariat, dan Muslimat MPU harus bersifat netral dan menjadi ‘pelurus’ terhadap segala permasalahan umat.

“Harapan kami semoga momentum Raker MPU Banda Aceh 2017 ini dapat menjadi wadah refleksi dan evaluasi program-program terdahulu, serta merumuskan isu-isu utama dan langkah strategis 2017. Sesuai tema yang kita angkat tahun ini, semoga semangat Raker ini dapat meningkatkan kualitas kinerja MPU dan peran MPU dalam memperkokoh persatuan umat,” sebutnya. (Jun)

Fasilitas Online
Generic placeholder image

Layanan LPM

LPM (Layanan Pengaduan Masyarakat) adalah aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan saran, kritik dan pengaduan melalui email dan pesan singkat terkait Kota Banda Aceh.

Kunjungi sekarang »

Generic placeholder image

Aplikasi e-Kinerja

e-Kinerja adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisa jabatan dan beban kerja. Aplikasi ini adalah salah satu bentuk tindak lanjut yang dilakukan Pemko Banda Aceh dalam rangka Reformasi Birokrasi.

Kunjungi sekarang »

Generic placeholder image

Layanan LPSE

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) merupakan aplikasi e-procurement yang dikembangkan oleh Direktorat e-Procurement - LKPP dan telah digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sejak tahun 2008.

Kunjungi sekarang »

Pemerintah Kota Banda Aceh - Jl. Tgk. Abu Lam U No.7, Banda Aceh 23242 | Telp (0651)22744

Copyright © 2017 Humas Setdakota Banda Aceh