Jadi Irup HUT Satpam ke-35, Illiza Sampaikan Amanat Kapolri

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal SE menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-35 yang digelar di halaman Mapolresta Banda Aceh, Rabu (30/12/2015).

HUT Satpam tahun ini mengambil tema “Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan yang Berkualitas dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

Pada acara yang dihadiri oleh unsur Muspida dan seluruh anggota Satpam se-Banda Aceh itu, Wali Kota Illiza menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Illiza, Kapolri mengajak seluruh anggota Satpam pada momen HUT ke-35 ini untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah ditampilkan.

“Tentunya melalui perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan  tugas, kita berharap peran Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal,” sebut Kapolri.

Mengingat beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban, terlebih dalam menghadapi MEA 2016, Polri tidak dapat bekerja sendiri. “Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi kemananan termasuk Satpam sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisisan terbatas,” sebutnya lagi.

“Selama kurun waktu 35 tahun berkiprah, saya melihat Satpam telah mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam rangka membantu Polri guna menjamin terciptanya rasa aman pada lingkungan kerjanya.”

Kapolri menyebutkan, pada akhir 2015, pihaknya telah memberikan pelatihan bersertifikat kepada 263.802 (2%) dari 430.864 anggota Satpam di seluruh Indonesia. “Jumlah ini meningkat sebesar 43.230 orang (6%) bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 220.572 orang.”

“Fokus perhatian yang tidak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara badan usaha jasa pengamanan dan satuan kewilayahan Polri, maupun antara anggota Satpam dan petugas kepolisian di lapangan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Illiza juga menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada tiga Satpam Teladan dan Satpam Terbaik. Sementara bingkisan diberikan oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Zulkifli.

Sesuai amanat Kapolri, sebut Illiza, pihaknya mengharapkan agar Satpam betul-betul bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi yang cukup dalam menghadapi MEA. “Sehingga dapat terus memberikan kenyamanan dan keamanan kepada seluruh masyarakat.”

Illiza menilai, saat ini dengan dukungan penuh dari Polri, profesionalitas Satpam sudah sangat baik.”Kompetensi terus meningkat, soliditas dan komunikasi serta koordinasi anta lembaga juga terus terjalin dengan baik,” ujarnya usai upacara.

“Harapan kita dengan adanya tim yang solid ini, keamanan dan kenyamanan di Kota Banda Aceh dapat terus terjaga, baik bagi warga kota maupun kepada setiap tamu yang datang,” pungkasnya. (Jun)


Update: 30-12-2015
Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo