Ketika FOKBAR Gelar Patroli

Banda Aceh – Forum Kepemudaan Kecamatan Baiturrahmn (FOKBAR), Minggu (22/2/2015) dini hari, menggelar patroli keliling di seluruh kawasan Gampoeng (Desa) yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Patroli ini turut diikuti seluruh Ketua Pemuda dari 10 Gampong di Kecamatan Baiturrahman.

Aksi yang dilancarkan oleh FOKBAR berawal dari laporan masyarakat, kawasan yang jadi target adalah kawasan-kawasan yang sering dijadikan tempat pelanggaran syariat Islam, seperti kawasan jembatan Putroe Phang, Taman Sari, Terminal Angkutan Umum Gampong Baru (yang sering disebut APK, Keudah) dan seluruh Gampong yang termasuk dalam Kecamatan Baiturrahman.

Dalam Aksi tersebut, FOKBAR berhasil mendapati pasangan khalwat yang sedang berduaan hingga pukul 01.00 dini hari ditempat gelap di kawasan Terminal Gampong Baru.

Tak ingin main hakim sendiri, FOKBAR menyerahkan pasangan ini ke Wilayatul Hisbah (WH) Kota Banda Aceh untuk diamankan dan diproses sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, FOKBAR juga berhasil menangkap beberapa remaja yang selama ini membuat resah masyarakat gampoeng Neusu Jaya, dimana dalam kumpulan remaja tersebut didapati wanita yang masih berkeliaran hingga dinihari.

Beberapa kumpulan remaja tersebut langsung diamankan petugas WH yang langsung dibawa ke Polsek Baiturrahman untuk diberikan pembinaan dan arahan oleh Kapolsek Baiturrahman, AKP Zulham Zulfakar.

“Setelah dibina dan berjanji tak akan mengulangi perbuatan tersebut, mereka diizinkan pulang” ujar Ketua FOKBARn Bambang Supriadi.

Ditanya dasar menggelar aksi ini, Bambang menyampaikan, dirinya dan seluruh Ketua Pemuda Gampong dalam Kecamatan Baiturrahman melakukan aksi tersebut setelah menerima laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan dengan para pelaku pelanggar syariat di daerah sekitar.

“Kami melakukan aksi ini karena mendapat laporan dari masyarakat yang merasa kurang nyaman, sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh Yang memiliki visi mewujudkan Kota Madani,” papar Bambang yang didampingi seluruh ketua pemuda Gampong.

Membantu Tugas Polisi

Kapolsek Baiturrahman, AKP Zulham Zulfakar, mengatakan merasa sangat terbantu atas adanya aksi FOKBAR ini.
“Kami dari jajaran polisi sangat setuju dan antusias atas program FOKBAR ini, semoga tidak terputus, harus berjalan terus, dan kami sangat mendukung kegiatan ini, satu hal yang mesti diingat adalah tidak dibenarkan main hakim sendiri karena semua harus diproses sesuai hukum” ujar AKP Zulham.

Dirinya berterima kasih kepada pemuda gampong yang telah peduli dan membantu pihak kepolisian dalam menjalankan program Kamtibmas.
“Dengan kegiatan yang dilakukan FOKBAR, setidaknya telah membantu program penertiban masyarakat,”ungkapnya. (Mkk)


SHARE: