Fasilitasi Gotong Royong Bersama Kodim 0101/BS, DLHK3 Kerahkan Sejumlah Armada

Banda Aceh- Kodim 0101/BS Banda Aceh menggandeng Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh dalam melaksanakan kegiatan gotong-royong bersama membersihkan sungai Mata Ie hingga Krueng Daroy.

Kegiatan yang bertujuan membersihkan aliran dan bantaran Krueng Daroy ini diselenggarakan, Kamis (27/8/2020).

“Kita sangat mendukung kegiatan gortong royong yang diinisiasi oleh Kodim 0101/BS. Ini upaya positif dalam menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai,” ujar Kepala DLHK3, Hamdani Basyah SH.

Menurut Hamdani Basyah, kegiatan ini sangat edukatif dimana Kodim 0101/BS mendorong partisipasi warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Sebagai bentuk dukungan, DLHK3 Banda Aceh mengerahkan sejumlah armada dan sejumah petugas terjun langsung ke lapangan untuk ikut serta dalam gotong-royong.

Sementara itu, Kasi Operasional Kebersihan, Dian Adiyanto ST MT menambahkan pihaknya ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih bersama Kodim dan juga masyarakat luas.

“Pihak Kodim memberikan informasi ke kita ada kegiatan gotong royong. Kita ikut serta mendukung kegiatan ini dan ikut juga mensupport dengan mengerahkan armada dan petugas,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, DLHK3 Banda Aceh dua armada beranggotakan 15 orang yang ditempatkan di tiga zona gotong-royong bersama para peserta lainnya.

“Ada 2 armada yang di kerahkan ke lokasi kegiatan. Dan ditargetkan 15 orang yang ikut serta. 1 hari itu ada 5 orang yang kita tempatkan di 1 zona. Jadi karena ada 3 zona yang ditentukan, maka total keseluruhannya ada 15 orang petugas yang membantu di lapangan,” jelasnya.

Tidak hanya menyisir sampah yang ada di sungai, semua tim yang tergabung dalam aksi tersebut juga membersihkan bantaran hingga kawasan seputaran sungai agar bersih dan tertata rapi.

Sembari melakukan pembersihan, petugas DLHK3 juga mengajak warga sekitar agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan bantaran sungai dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ke dalam sungai.

Aksi gotong royong massal ini dilakukan selama empat (4) hari dan dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga selesai. Untuk lokasi gotroy tersebut, dibagi dua bagian, yakni kawasan Mata Ie hingga Jembatan Keutapang dan disisir hingga ke Krueng Daroy.

Dian berharap aksi gotong-royong massal ini dapat dilaksanakan secara rutin dalam rangka menuju Kota Banda Aceh yang bersih dan bebas sampah tahun 2025.(Ayu)


SHARE: