Drs Tarmizi Yahya MM : Gepeng Akan Kita Bekali Ketrampilan

Banda Aceh – Rabu (18/3/2015), petugas yang terdiri Satpol PP dan Muspika Kecamatan Baiturrahman melakukan razia gepeng diseputaran Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Razia yang dilakukan pukul 17.00 Wib, petugas mengamankan 6 orang gepeng. Petugas sempat kaget ketika menemukan passport, emas dan uang ringgit Malaysia serta unag pecahan 100 ribu rupiah dalam jumlah besar dari gepeng.

Kepala Dinos Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Drs Tarmizi Yahya MM ketika dikonfirmasi membenarkan program penertiban gepeng tersebut. Katanya, kegiatan ini merupakan program pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Sosial sebagai upaya untuk membina dan meningkatkan kemampuan para gepeng sehingga mereke memiliki ketrampilan dan mampu hidup mandiri.

“Ini bukan seperti penangkapan, mereka kita kumpulkan nanti kita latih di rumah penampungan di Ladong, Aceh Besar. Setelah diberi bekal berupa ketrampilan kemudian dikembalikan ke keluarganya dengan harapan dapat mandiri dengan usahannya dan tidak mengemis lagi” kata mantan Asisten I setdakota Banda Aceh ini.

Ditanya ketrampilan dalam bentuk apasaja yang dibekali, Tarmizi mengatakan akan memberikan berbagai ketrampilan yang mampu memberi penghasilan bagi para gepeng.

“Ketrampilan, saya pikir banyaklah ya, seperti menjahit, ketrampilan membuat kue dan makanan lain, kerajinan, dan sebagainya. Harapan kita setelah itu mereka mampu mandiri dan tidak mengemis lagi” ungkap Tarmizi Yahya.

Untuk tindak lanjut program ini, Tarmizi mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Aceh. Katanya, para gepeng nantinya akan kita tempatkan di rumah penampungan milik Dinsos Aceh di Ladong, Aceh Besar.

“Disana mereka kita bekali dengan berbagai ketrampilan, dan saat ini mereka yang kita tertibkan kemarin sebanyak 6 orang sudah kita antar ke Ladong” tutup Tarmizi. (Mkk)

 

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo