DSI Latih 100 Guru TPA se-Kecamatan Kuta Alam



Banda Aceh
– Sebanyak 100 guru dari 23 Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) se-Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, mengikuti pelatihan peningkatan kualitas, wawasan serta semangat dalam proses belajar mengajar.

Acara yang digelar oleh Dinas Syariat Islam (DSI) bersama Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Quran (LPPTKA)-BKPRMI Kota Banda Aceh tersebut, berlangsung di Aula Gedung C, Balai Kota Banda Aceh, Minggu (18/10/2015).

Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan-kegiatan pembinaan mental spiritual umat seperti ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Ia juga mengapresiasi Pemko Banda Aceh atas suksesnya penyelenggaraan Wonderful Muharram yang diisi dengan dakwah inspirasi/motivasi serta Haflah Al-Quran Internasional beberapa hari yang lalu.

“Kami berharap nantinya akan berdiri suatu lembaga tahfiz Al-Quran di Kota Banda Aceh. Perlu pula dilakukan muzakarah guru TPA untuk mensinergikan dan membahas persoalan-persoalan umat yang ada,” katanya.

Hal penting lainnya, menurutnya perlu dirumuskan sebuah qanun untuk penguatan TPA/TPQ di tingkat gampong. “Seperti menghargai jerih payah para ustaz dengan mengalokasikan sejumlah dana dari APBK sebagai salah satu bentuk perhatian dan penghargaan dari Pemko Banda Aceh,” kata Farid.

Di tempat yang sama, Ida Friatna selaku Sekretaris DSI Kota Banda Aceh, menyebutkan, pelatihan guru TPA penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru TPA. “Pemko Banda Aceh sangat komit tehadap pembinaan TPA.”

Ia menambahkan, pelatihan ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama “Melesatkan Semangat Ustaz/Ustazah TPA” dengan pemateri Tgk Zulkhairi MA. Sesi selanjutnya diisi oleh T Lembong Misbah MA dengan materi “Cara Cerdas Mengajar Al-Quran.”

“Terakhir nanti ada sesi Bermain, Cerita dan Menyanyi yang dipandu oleh Mubhasirullah Lc,” pungkas Ida yang pada kesempatan itu mewakili Kepala DSI Banda Aceh Mairul Hazami SE.

Terkait pagelaran Wonderful Muharram, Ida menyebutkan pihaknya akan mengupayakannya menjadi agenda tahunan dan sebagai starting point perwujudan Model Kota Madani. “Pada 5 November nanti masih ada wisuda tahfiz quran dalam rangka Wonderful Muharram. Mohon dukungan dari masyarakat dan juga guru-guru TPA,” pungkasnya.

Di antara tamu undangan, terlihat hadir Kabid Pemgembangan Syariah dan Dayah DSI Banda Aceh Wirzaini Usman, Ketua BKPRMI T Adriansyah, Ketua MPD BKPRMI Ustaz Nazaruddin Ibrahim, dan Ketua LPPTKA Banda Aceh sekaligus ketua panitia Ustaz Mardani. (Jun)

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo