Chek Zainal: Perempuan Punya Peran Tangkal Radikalisme

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan perempuan memiliki peran dalam menangkal radikalisme dan terorisme.

Hal ini disampaikan sosok yang akrab disapa Chek Zainal itu saat membuka secara resmi seminar dengan tema “Perempuan Agen Perdamaian dalam Pencegahan Radikalisme dan Rerorisme”, Kamis (12/11/2020) di Hotel Hermes Palace.

Seminar ini digelar Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Aceh (FKPT) Bidang Perempuan dan Anak bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Peserta seminar berasal dari lembaga perempuan, tokoh perempuan, aktivis perempuan, akademisi, mahasiswi dan dari istansi terkait perempuan.

Kata Chek Zainal, Pemko menyambut baik kegiatan tersebut karena selama ini perhatian terhadap peran perempuan dalam mencegah radikalisme dan terorisme kurang dirasakan. Padahal perempuan punya kesempatan mengambil peran yang lebih besar karena sosok perempuan sebagai Ibu menjadi guru pertama yang akan mengajarkan putra-putrinya untuk tumbuh menjadi orang berkarakter sesuai dengan harapan masyarakat.

“Yang dilakukan FKPT hari ini menjadi awal yang baik untuk perubahan pola. Jika sebelumnya lebih berorientasi pada partisipasi laki-laki, kini saatnya mendorong peran perempuan dalam mengurangi radikalisme dan teror di tengah-tengah masyarakat,” ujar Chek Zainal.

Menurut Wakil Wali Kota, hal tersebut semakin diperlukan karena perempuan bisa jadi pelaku tapi sekaligus juga korban. Perempuan bahkan sering dijadikan target pengiriman pesan, dibujuk sebagai fasilitator bahkan penghubung.

Lanjutnya, kenyataan pahit semacam itu harus diakhiri. “Kita ingin perempuan jangan sampai jadi pelaku, sekaligus juga harus dicegah menjadi korban,” tambahnya.

Karenanya, Wakil Wali Kota berharap para narasumber dapat memberikan pandangan yang lebih luas tentang radikalisme dan terorisme. Ia juga berharap akan ada forum-forum lanjutan kedepannya.

“Kita ingin ada diskusi juga seperti peran yang dapat dijalani oleh para perempuan di Banda Aceh dalam menyukseskan program ini,” harapnya.

Tampil sebagai pembicara pada seminar ini, Kasubdit Pengawasan BNPT Republik Republik Indonesia H Moch Chairil Anwar, Komnas Perempuan dan BNPT Riri Khariroh MA dan Kabid Perempuan dan Anak FKPT Suraiya Kamaruzzaman ST LLM MT.

Kegiatan ini dihadiri Ketua FKPT Aceh, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, Kepala Kesbangpol Aceh Mahdi Efendi dan sejumlah Kepala SKPA dan SKPK jajaran Pemko Banda Aceh.[]


SHARE: