Giliran Musik Etnik Harumkan Nama Banda Aceh

Sabang – Setelah berhasil memboyong piala pada lomba Cagok Aceh, kontingen Kota Banda Aceh kembali meraih juara pada ajang Festival Sabang Fair (FSF) 2014, kali ini giliran Grup Band Kulit Community yang membawa harum nama Kota Banda Aceh. Grup Band yang terdiri dari anak-anak muda Kutaraja ini berhasil tampil sebagai yang terbaik pada lomba musik etnik garapan Aceh FSF.

Saat dewan juri mengumumkan hasil penilaiannya, Minggu malam (22/6/14) ekspresi kegembiraan dari anak-anak Banda Aceh dan anggota kontingen lainnya tak terbendung. Betapa tidak, berkat kerja keras mereka berhasil menyisihkan competitor lainnya yang juga terbilang tangguh dari Aceh Tengah dan Kota Sabang yang harus puas di urutan dua dan tiga.

Saat diwawancarai media ini, sang vokalis Kulit, Nisfunnahar menjelaskan mereka mengusung karya dengan tema Aceh Green, dengan makna penghijauan Aceh.

“Kita ingin mengangkat persoalan pengrusakan hutan yang kian meresahkan akibat ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab lewat music. Ulah ini tanpa kita sadari akan membunuh harapan hidup anak-cucu kita dimasa yang akan datang. Bencana dimana-mana serta pemanasan globlal adalah segelintir persoalan dari efek pengrusakan hutan” jelas vokalis yang akrab disapa Anis ini.

“Lewat karya ini, kami ingin menggugah semua pihak untuk peduli terhadap kelestarian hutan dan lingkungan sekitar” harapnya.

Penampilan Kulit ini memadukan music modern seperti gitar, drum, bass dan keyboard dan lainnya dengan alat musik etnis Aceh yakni Gendrang, Serunee Kale dan Rapai ditambah dengan syair dan doa yang mengandung pesan moral sehingga menambah kekuatan makna dari music garapan ini. Penampilan anak-anak binaan Zainal Arifin ini mampu menarik perhatian ribuan pengunjung Sabang Fair sehingga berhasil meraih juara.

Dapun personil Kulit Communiy, Syawal di Gitar, Erwin di Bass, afdhal pada Keyboard/morphwiz, Iqbal di drummer, Ryan Ketek di Seurunee Kale, Junaidi, Saiful, Aldi, Eric dan Rifky pada Rapai. Sedangkan penata music adalah Muhammad Rasul dan Road Manajer/Sound Engineer dikomandoi Aldo. (Mkk) 


Update: 23-06-2014


SHARE: