berita utama
Pemko Komit Tindak Pelanggar Syari'at di...

19 Jan 2018 | Dikunjungi sebanyak 126 kali.

  Banda Aceh – Sebanyak 10 orang pelanggar Qanun Jinayah menjalani proses hukuman cambuk di Banda Aceh. Ke 10 pelanggar ini menjalani hukuman cambuk, Jum’at (19/1/2018) di halaman ...

Terima Tamu dari Brunei, Aminullah Titip...

18 Jan 2018 | Dikunjungi sebanyak 110 kali.

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, kamis (18/1/2018) menerima kunjungan tamu dari Kerajaan Brunei Darussalam di Balaikota. Rombongan yang merupakan para Pejabat Pers...

Wali Kota Deklarasikan Lamteh Sebagai Ga...

18 Jan 2018 | Dikunjungi sebanyak 95 kali.

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mendeklarasikan Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG) Kategori Ceudah, Kamis (18/1/2018).  Diharapk...


Tinjau Sejumlah Pasar, Ini Kata Aminullah

Ditulis oleh: Afrizal | Dikunjungi sebanyak 70 kali.
10 Jan 2018

Banda Aceh - Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM bersama Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota, Rizal Junaedi SE, rabu (10/1/2018) meninjau sejumlah pasar di Banda Aceh.

Pasar Lampulo yang dibangun pada tahun 2017 lalu menjadi pasar pertama tujuan Walikota. Pasar yang akan diperuntukkan bagi pedagang ikan dan sayur ini telah dibangun hingga tahap kedua. Tahun 2018 ini akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap ke tiga, yakni pasar daging. Kata Aminullah, pasar tersebut nantinya akan di lengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung hingga menjadi sebuah pasar yang benar-benar lengkap.

“Kita memang belum memiliki sebuah pasar yang benar-benar lengkap dan sempurna yang ada pasar ikan, daging, sayur, rempah-rempah dan fasilitas lainnya dalam satu komplek. Nah, pasar Lampulo ini akan kita lengkapi lengkap, Bahkan Masjid juga kita bangun di komplek ini nantinya,” ungkap Aminullah.

Setelah semuanya benar-benar lengkap, lanjut Aminullah, baru akan difungsikan untuk operasionalnya.

Informasi dari Informasi dari Rizal Junaedi, Pasar Terpadu di Lampulo ini nantinya akan diperuntukkan bagi pedagang yang saat ini menempati pasar Peunayong.

“Pasar Peunayong sudah terlihat kumuh, secara estetika sudah tidak memenuhi syarat lagi. InsyaAllah tahun ini para pedagang akan kita minta tempati pasar Lampulo,” ujar Rizal Junaedi.

Kemudian rombongan menuju Pasar Tradisional Batoh (Depan Kampus Serambi Mekkah). Pasar yang baru selesai dibangun ini nantinya akan ditempati oleh para pedagang ikan dan sayur serta rempah-rempah yang selama ini berjualan di pinggir jalan sekitar Bathoh.

Sejauh ini sudah banyak pedagang yang mendaftar ingin menyewa kios dan los yang tersedia di pasar tersebut.

“Kita ingin di Batoh ini tidak lagi ada yang berjualan di jalan. Jadi warga yang mau beli kebutuhan ikan dan kebutuhan pokok bisa didapatkan di pasar ini. Ini juga akan mengurangi kemacetan,” ujar Aminullah.

Terkait dengan pasar Kampung Baru yang sudah tidak layak huni, Aminullah memastikan akan membangun tahun ini. Bangunan pasar lama tersebut akan dirobohkan dan akan dibangun baru dengan tampilan yang lebbih terbuka. Pasar tersebut akan diperuntukkan bagi pedagang kampung Baru, sehingga tidak memanfaatkan badan jalan untuk berjualan.

Sementara, jalan yang ada akan difungsikan seseuai setting awal yang dapat dilalui kenderaan roda empat.

Sementara pasar New Town (Depan Terminal Bathoh) akan dialihfungsikan. Pasar ini akan diarahkan sebagai pasar UKM, kerajinan tangan hingga pusat penjualan souvenir. (mkk)

Pemerintah Kota Banda Aceh - Jl. Tgk. Abu Lam U No.7, Banda Aceh 23242 | Telp (0651)22744

Copyright © 2018 Humas Setdakota Banda Aceh