Pemko Banda Aceh Jalin Kerjasama Bidang UKS Dengan Korea

Dalam kerjasama tersebut Pemerintah Korea akan membantu Pemko Banda Aceh selama 3 tahun mulai tahun 2012 s/d 2014 dalam bentuk bantuan untuk 10 Sekolah Dasar berupa Alat Kesehatan Sekolah , Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk 1000 Anak Sekolah Dasar, Pelatihan bagi Tenaga UKS sekolah, Dinas Pendidikan, Kesehatan dan Rumah Sakit Permata Hati.
Acara MoU yang dihadiri oleh Tim Pemerintah Korea, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Banda Aceh, Direktur RS. Permata Hati dr. Marzuki, MM, Pembina UKS di Kota Banda Aceh serta para kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh.
Dalam sambutannya Sekda mengatakan Usaha Kesehatan Sekolah merupakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggung jawab dalam melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lnnjut Sekda mengatakan dalam UU no 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dikatakannya pula, Pemko Banda Aceh telah mengupayakan berbagai program UKS melalui Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Disdikpora Kota Banda Aceh dan juga melalui kerjasama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap kesehatan dan pendidikan. Insya Allah amanat dari UU no 20 tahun 2003 dan Kepmenkes tahun 2003 telah kita laksanakan, papar Sekda. Sekda mencontohkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan seperti program penyuluhan kesehatan, pelatihan dokter kecil, dan pemeriksaan gigi serta program lingkungan bersih dan sehat melalui “Jum’at Bersih”, papar Sekda. Sekda berharap dengan adanya kerjasama ini akan berdampak pada terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dan dengan demikian semangat anak untuk belajar akan semakkin tinggi yang berdampak pada kualitas pendidikan.
Sementara Ketua Tim Perwakilan Pemerintah Korea Prof. Chou Han Ik dalam sambutannnya mengatakan Pemerintah Korea akan membantu dengan serius Pemko Banda Aceh di bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini, diharapkan dengan suksesnya Program UKS ini nantinya anak-anak di Kota Banda Aceh akan tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat dan kuat, dengan demikian akan muncul dan tumbuh generasi-generasi yg baik dan akan dapat membawa Kota Banda Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya kearah yg lebih baik, sehinggga Indonesia akan menjadi negara maju dikawasan Asia dan bahkan Dunia.
Sebelumnya Kadis Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Bapak Syaridin yang juga selaku ketua Tim dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemko Banda Aceh melulaui Dinas Pendidikan Pemuda dan Oleh Raga selama ini telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan Kesehatan Sekolah, namun upaya-upaya yang telah kita lakukan tersebut belumlah cukup, untuk itu kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah Korea yg telah membantu Peralatan Kesehatan untuk 10 SD di Kota Banda Aceh, bantuan ini nantinya akan kita gunakan sebagaimana mestinya dan akan kita rawan sehingga dapat dipergunakan dalam waktu yg lama.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / TRZ)


SHARE: