Illiza Tutup Manasik Haji Tingkat Kota Banda Aceh

Banda Aceh-Setelah sepuluh hari kegiatan manasik haji tingkat Kota Banda Aceh berjalan, Selasa (03/9) pelaksanaan kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE di Masjid Baitul Musyahadah Setui.

Dalam sambutannya Illiza berharap 415 CJH asal Kota Banda Aceh yang telah mengikuti bimbingan manasik haji telah memperoleh ilmu pengetahuan mumpuni tentang pelaksanaan haji. Illiza juga menekankan bahwa keberangkatan 415 CJH Kota Banda Aceh semata-mata karena telah dipilih oleh Allah SWT. Untuk itu Illiza meminta agar para jamaah dapat mempergunakan kesempatan emas tersebut dengan sebaik baiknya. “Pergunakan kesempatan berhaji dengan sebaik-baiknya diisi dengan amalan yang bermanfaat, jangan terpegaruh oleh godaan untuk membicarakan aib orang dan hal tidak berguna lainnya,” pinta Illiza.

Dalam kesempatan itu ada beberapa hal yang diingatkan Illiza kepada para CJH, seperti diantaranya jamaah diminta dapat mengamalkan seluruh ibadah yang telah ditentukan selama berada di arafah, selanjutnya meminta jamaah untuk tidak terpengaruh terhadap tawaran untuk mencium batu hajar aswad di saat thawaf, karena jutaan jamaah yang ada sehingga kita rela untuk bertindak kasar hanya demi kepentingan mencium batu hajar aswad, yang ketiga mempersiapkan diri dengan memnyediakan handuk kecil basah dilapisi masker untuk menghindari debu dan batuk, keempat diharapkan mulai sekarang CJH dapat mempersiapkan kesehatan dengan minum madu secara teratur dan yang terakhir setiba di Ka’bah dapat mendoakan kota Banda Aceh menuju model kota madani seraya juga bermohon agar pelaksanaan pemilukada 2014 di Kota Banda Aceh berlangsung aman demikian saran Illiza.

Sebelumnya Kakemenag Kota Banda Aceh Drs. H. Amiruddin, MA mengatakan seluruh CJH Kota Banda Aceh yang berjumlah 415 orang telah mengikuti materi bimbingan manasik haji sejak tanggal 24 Agustus lalu hingga sekarang. Dalam pelaksanaanya jamaah dibagi dalam dua gelombang materi yaitu di tingkat kota mereka diberi bimbingan manasik selama tiga hari penuh dilanjutkan dengan bimbingan manasik di tingkat kecamatan selama tujuh hari penuh. Amiruddin menjelaskan para CJH Kota Banda Aceh terbagi dalam tiga kelompok terbang. Mereka akan diberangkatkan pada kloter 2, 7 dan 8. (TRZ)


SHARE: