Banda Aceh Masuk Nominasi Adipura Kencana

Banda Aceh-Kota Banda Aceh masuk dalam nominasi calon penerima Adipura Kencana yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Pusat. Hal ini disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan dan Penilaian Adipura Kencana, Johan Sulas kepada Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin di ruang rapat Wali Kota Banda Aceh.

Masuknya Banda Aceh sebagai nominasi tersebut, kata Johan, lantaran penilaian dari Pemerintah Pusat terutama Kementerian Lingkungan Hidup. Adipura Kencana berbeda dengan Adipura biasa yang hanya menilai tingkat kebersihan lingkungan. Dia menjelaskan Adipura Kencana juga menilai jumlah ruang terbuka hijau serta perencanaan dan pemanfaatan sumber daya air bersih.

Selain itu, Adipura Kencana juga menilai sistem pengendalian mitigasi bencana yang berdampak ramah terhadap lingkungan. “Ada 4 kota besar yang masuk nominasi, 6 kota sedang salah satunya Banda Aceh, dan juga 6 kota kecil,” ujarnya.

Selain itu, Johan menyarankan penggunaan energi listrik terutama untuk penerangan lampu jalan agar Banda Aceh menggunakan lampu jenis LED. Jenis lampu ini, kata dia, lebih hemat energi 60 persen serta tidak mudah rusak. Di pertemuan tersebut, Johan turut mempertanyakan perencanaan pemanfaatan air bersih siap minum dan kesadaran masyarakat menyediakan ruang terbuka hijau, terutama dari pihak swasta. (Mhd)


SHARE: