Staf khusus SBY: Penyaluran Dana BOS Di Banda Aceh Sudah Tepat Sasaran

Banda Aceh-Asisten Staf Khusus Presiden, Fajar Ilham S. Sos mengatakan penyaluran dana biaya operasional sekolah (BOS) di kota Banda Aceh sudah tepat sasaran dan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini disampaikan Fajar Ilham, Rabu (17/4) saat mengunjungi langsung SMPN 2 Banda Aceh dan mewawancarai siswa-siswi penerima Bea Siswa Miskin (BSM) di sekolah tersebut.

Ini merupakan hari ketiga tugas kunjungan kerja staf khusus presiden SBY di Banda Aceh. Menurut Fajar, apa yang dilakukan pihak sekolah merupakan suatu langkah yang sudah benar karena dana bos yang digunakan benar-benar dirasakan manfaatnya untuk kebutuhan perlengkapan siswa seperti pakaian sekolah, pakaian olahraga dan kebutuhan alat tulis lainnya.

Salah-satu penerima BSM, Zulwaqar, siswa kelas I SMPN 2 ketika ditanyai Fajar mengaku sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah karena dengan program tersebut dia dan kawan-kawan senasibnya tetap bisa mengecap pendidikan tanpa harus dipusingkan oleh biaya yang orang tuanya sebagai buruh bangunan tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan sekolahnya.

Zulwaqaf mengucapkan terimakasih dan meminta program yang digagas SBY tersebut terus dilanjutkan ditahun-tahun mendatang. Selain itu, Fajar juga mendatangi rumah Ibu Erita, warga miskin yang tinggal di Kampung baru ini memiliki seorang anak Sarah Nur Mauliza, siswa kelas III B SDN 1 Banda Aceh yang juga menerima Bea Siswa Miskin (BSM) dari program pemerintah pusat sebanyak 550 Ribu/tahun. Saya datang ke sini ingin mengecek apakah penerima bea siswa miskin ini benar-benar dinikmati oleh yang berhak, dan ternyata memang sudah tepat dan sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan, jelas Fajar saat mengunjungi rumah Ibu Erita yang kecil di salah satu gang sempit Kampung Baru.

Fajar juga memberikan apresiasi kepada Pemko banda Aceh, karena selain penyaluran BSM yang sudah tepat, dari hasil penelusurannya di sekolah-sekolah juga ditemukan program beasiswa dari pemerintah kota dengan bantuan yang bersumber dari APBK. Ketika kita tanyai siswa, banyak yang mendapatkan bea siswa, bukan hanya dari program pusat, tapi dari APBK seperti dan juga dari beasiswa program Baitul Mal, ini bagus sekali, perhatian pemerintah kota untuk pendidikan tinggi sekali, uajar Fajar.

Selain meninjau sekolah dan mengecek penerima bea siswa, Fajar juga menyempatkan diri mendatangi warga miskin lain yang mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah dari program PNPM di Kampung Jawa Kecamatan Kuta Raja. Fajar menemui Ibu Rosmi dan menanyakan perasaannya usai mendapatkan bantuan tersebut. Ibu Rosni mengucapkan terima kasih atas program pemerintah tersebut, janda yang memiliki 5 orang anak ini tampak terharu dan meneteskan air mata saat ditemui Fajar dirumahnya yang baru beberapa bulan di rehabilitasi dengan dana PNPM dan sudah layak huni.

Program penggemukan sapi juga tidak luput dari tinjauan, Staf khusus SBY ini menemui langsung Samsuddin, salah-satu petani ternak sapi dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Kampung Pineung Kecamatan Syiah Kuala. Kepada Fajar, Samsuddin mengaku penghasilannya bertambah selama dibantu PNPM untuk program penggemukan sapi. Pertama kami di kasih modal untuk beli 3 sapi, selama 2 tahun kami pelihara, sekarang sapi kelompok kami sudah menjadi 7 ekor, ujar Samsuddin.

Setelah itu, Fajar juga meninjau jalan setapak di beberapa lokasi di Banda Aceh, yakni di kampung jawa dan Seutui. Jalan setapak ini juga dibiayai oleh dana PNPM, dan hasilnya sangat memuaskan staf khusus presiden tersebut.


SHARE: