Promosi Wisata Air Melalui Festival Krueng Aceh

Banda Aceh – Kepala Disbudpar Kota Banda Aceh, Drs T Samsuar M Si mengatakan Festival Krueng Aceh 2014 digelar dalam rangka mempromosikan potensi wisata air Banda Aceh, khususnya Krueng Aceh. Hal ini disampaikan T Samsuar disela-sela kegiatan Festival Krueng Aceh, Minggu (9/11). Kegiatan ini dipusatkan dipinggir Kreung Aceh, tepatnya di belakang Markas Kodam Iskandar Muda atau sejajar dengan kantor Polresta Banda Aceh. Kepala Staf Kodam IM Brigjen TNI Rudi Polandi membuka secara resmi kegiatan ini.

“Selain itu, tujuan dari acara ini adalah untuk mengenang keberadaan Krueng Aceh pada masa Kesultanan Aceh yang memegang peranan penting sebagai jalur transportasi. Kita juga ingin menjadikan Krueng Aceh sebagai salah satu destinasi wisata bahari Kota Banda Aceh,” tambah T Samsuar.

Dalam kesempatan ini, T Samsuar juga mengajak warga Kota Banda Aceh ikut serta menjaga kebersihan dan keasrian Krueng Aceh.

Festival yang digelar Disbudpar Kota Banda Aceh ini menarik perhatian ribuan warga kota karena berbagai macam kegiatan yang melibatkan masyarakat juga digelar. Namun dari sekian banyak kegiatan, yang paling semarak adalah lomba tangkap bebek dimana ratusan bebek yang di lepas dalam Krueng Aceh ini dipersilakan kepada masyarakat kota untuk menangkapnya dan membawa pulang.

Ada juga lomba perahu dayung, lomba tangkap bebek gembira, lomba melukis anak, Simulasi pembebasan sandra dari Pasukan Raider, atraksi jet ski dan dan penampilan Barongsai dari etnis Tionghia yang sudah menjadi bagian dari warga Banda Aceh. Ribuan warga disepanjang bantaran Krueng Aceh tampak antusias menyaksikan Festival yang akan menjadi agenda tahunan Pemko Banda Aceh ini.

Turut hadir pada acara pembukaan, Danyonif 112/Raider Kodam IM Wiji Kurnia S, Dandim 0101/BS Letkol Inf Agus Budi SR, Wakapolresta Banda Aceh,  para Kepala SKPD jajaran Pemko dan sejumlah tokoh masyarakat kota.

Festival Krueng Aceh ini didukung oleh Kodam Iskandar Muda dan direncanakan setiap tahunnya akan bertindak sebagai panitia. (Mkk)


SHARE: