1412 Anggota Linmas Siap Amankan Pemilu di Banda Aceh

Banda Aceh – Sebanyak 1412 anggota Linmas yang direkrut dari pemuda-pemuda Gampong dalam wilayah Banda Aceh siap mengamankan pemilu tahun 2014 di Kota Banda Aceh. Kesiapan ini ditandai saat 1412 anggota Linmas ini mengikuti Apel siaga yang dipimpin Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Sabtu (5/4/14) di halaman Balaikota, Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza mengatakan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Apel Siaga Satlinmas memberi amanah dan tugas yang sangat mulia kepada 1412 Anggota Satlimas mewakili 90 Gampong untuk mensukseskan Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 agar berlangsung aman, lancar dan tertib.

“Tentunya banyak pihak yang berharap kepada Satlinmas bersama aparat penegak hukum untuk menjaga ketentraman masyarakat dari seluruh rangkaian Pemilu untuk melindungi masyarakat serta menjamin hak azasi manusia dalam menyampaikan pendapat, sehingga perlu peran satlinmas untuk ditempatkan di Ring 1 di setiap TPS” ujar Illiza.

Katanya lagi, momentum apel siaga harus dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan peran Satlinmas dalam mengawal pelaksanaan Pemilu Legeslatif 2014 serta meningkatkan citra wibawa pemerintah daerah dalam menyukseskan agenda nasional pemilu 2014 dengan terciptanya kondisi aman dan terkendali.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota menyerahkan 1412 anggota Linmas tersebut kepada Polresta Banda Aceh, penyerahan ini ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima antara Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE dengan Kapolresta Banda Aceh Kombespol Moffan MK SH.

Sementara itu, Moffan saat diwawancarai seusai apel meminta kepada personil Linmas agar tidak ragu bertugas mengamankan pemilu karena unsur Polri dan TNI senantiasa membantu tugas para Linmas.

“Jangan ragu melaksanan tugas, Polri dan TNI sebagai mitra Linmas sudah memiliki strategi khusus untuk mengamankan pemilu 2014 ini” ujar Moffan.

Katanya lagi, pihaknya sudah memiliki hubungan yang baik dengan Linmas karena dalam 5 tahun Polri dan Linmas sudah sangat sering melakukan kerjasama mengamankan pemilu, baik Pemilu Legislatif maupun Pilkada.

“Saya lihat 2/3 dari anggota Linmas ini merupakan wajah-wajah lama yang memang sudah sering bekerjasama dengan kita” tambah Moffan.

Sesuai dengan keterangan dari Kepala Kesbangpolinmas Kota Banda Aceh Drs Ramli Rasyid M Si, 1412 anggota Linmas yang diserahkan ke Polresta ini telah dibekali pengetahuan dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi sebagai mana diatur Dalam Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlimas dalam penanganan, ketentraman ketertiban dan penyelenggaraan pemilu. “Meraka akan mengamankan 436 TPS yang tersebar di 90 Gampong dalam wilayah Banda Aceh” jelas Ramli. (Mkk)


SHARE: