Wali Kota Padang Pimpin Apeksi Wilayah I Hingga 2018

Illiza Wakil Ketua II Apeksi Wilayah Sumatera

Padang – Jumat (24/4/2015), Musyawarah Komisariat Wilayah I Sumatera Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang digelar di Hotel Mercure, Padang, Sumatera Barat, telah memasuki hari kedua.

Agenda yang menyita perhatian dihari kedua adalah pemilihan Ketua Komwil I Apeksi untuk menggantikan ketua lama, H Dzulmi Eldin S yang merupakan Wali Kota Medan.

Sidang Pleno dengan agenda pemilihan Ketua Apeksi periode 2015 s/d 2018 ini dipimpin Wali Kota Padang H Mahyeldi sebagai Ketua, Wali Kota Pekan Baru Firdaus sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris dari perwakilan Kota Medan.

Proses pemilihan ketua dimulai dari registrasi peserta dimana satu kota hanya memiliki satu hak suara. Kemudian rapat dilanjutkan dengan pembagian tiga Komisi, yakni Komisi A, B dan C.

Di rapat komisi, masing-masing kota mengirim tiga pesertanya untuk masing-masing komisi. Peserta dari Banda Aceh, Asisten Pemerintahan Iskandar SSos MSi tergabung dalam Komisi A, Kabag Hukum Muchlis SH di komisi B dan Kasubbag TU dan Sandi Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota, Dedy Rezika SSSTP di Komisi C.

Komisi A menggelar sidang membahas laporan pertanggunjawaban pengurus lama. Komisi B menetapkan tempat pelaksana Rakorwil I Apeksi yang akan datang. Kota yang diusulkan adalah Banda Aceh, Pekan Baru dan Tanjung Pinang. 

Komisi C, mengusulkan calon Ketua Apeksi Wilayah I Sumatera dan menetapkan Wali Kota Padang H Mahyeldi, Wali Kota Pekan Baru Firdaus dan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE masing-masing sebagai Ketua, Wakil ketua I dan Wakil Ketua II.

Walalu Wali Kota Banda Aceh sendiri tidak bisa hadir pada kegiatan ini, namun forum mempercayakan Illiza sebagai Wakil Ketua II Apeksi Wilayah I Sumatera.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan terhadap Ketua Apeksi yang baru terpilih H Mahyeldi oleh Direktur Eksekutif Apeksi. (Mkk)


SHARE: