Ini yang Akan Dilakukan Pemko Banda Aceh dan PATA untuk Mengembangkan Wisata Islami


Jakarta – Pemerintah Kota Banda Aceh secara resmi telah meluncurkan Banda Aceh World Islamic Tourism. Untuk program ini, Pemko Banda Aceh bekerjasama dengan Pasific Asia Travel Asociation (PATA).
Launching Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia ini dilakukan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

CEO PATA Indonesia, Purnomo Siswoprasetijo usai launching mengungkapkan beberapa program yang akan dilakukan pihaknya di Banda Aceh.

Katanya, tujuan Pemko banda Aceh dan PATA adalah ingin mengembalikan sejarah-sejarah kejayaan Islam masa lalu dengan membangun wisata spiritual, yang kemudian akan mengembalikan Serambi Mekkah seperti masa lalu, dimana pada masa lalu setiap perjalanan ibadah haji yang transportasi laut akan transit di Banda Aceh.

Pemko Banda Aceh dan PATA juga akan membangun tempat pembekalan bagi para calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah rukun ke Mekkah.

“Kita ingin bangun Banda Aceh sebagai miniatur Kota Mekkah di Indonesia dengan latar belakang Masjid Raya Banda Aceh sebagai pusat wisata spiritual,” katanya.

Hal lain yang akan dilakukan adalah, menjadikan Banda Aceh sebagai tempat wisata dan studi Islam di kawasan Asia Pasifik dan mendorong kemajuan ekonomi masyarakat Aceh.

Purnomo berharap, kerjasama PATA dan Pemko Banda Aceh yang telah dikuatkan dengan penandatangan Mou dapat meningkatkan promosi wisata Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia.

Menteri Pariwisata Janji Bantu Promosikan Wisata Islami Banda Aceh

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arif Yahya berjanji akan membantu mempromosikan Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islam dunia.

Kemenpar menyambut baik upaya Kota Banda Aceh mengembangkan potensi wisata Islami. Menurutnya, Aceh memiliki keunikan dibanding daerah lain di Indonesia. “Sudah saatnya keunikan itu kita tonjolkan untuk memajukan Banda Aceh dan Aceh secara umum,” katanya.

Arif optimis wisata Banda Aceh akan maju dan berkembang. “Saya akan ikut mempromosikan wisata Islami ini keluar negeri, saya yakin ini akan maju dan berkembang,” kata Arif Yahya. (Mkk/Arp)


SHARE: