40 Ton Raskin Telah Disalurkan ke Kuta Alam

Banda Aceh – Perum Bulog Aceh dan Pemko Banda Aceh telah menyalurkan 40 Ton lebih beras untuk rakyat miskin (Raskin), Selasa pagi (24/2). Penyaluran untuk wilayah Kuta Alam dilakukan di depan Kantor Camat Kuta Alam melalui masing-masing Keuchik. Penyaluran ini dipantau langsung Kabid Pelayanan Publik Perum Bulog Aceh, Drs Johan Salim Nasution.

“Telah kita salurkan sebanyak 40.635 Kg (40,6 Ton) untuk 903 rumah tangga saran (RTS) yang ada di Kecamatan Kuta Alam, masing-masing RTS mendapatkan 45 Kg untuk jatah Januari, Februari dan Maret” jelas Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Ari Maula Kafka yang juga salah-satu anggota TPID Kota Banda Aceh.

Kata Ari, kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga beras yang saat ini telah terjadi di beberapa kota di Indonesia.

“Memang harga di Banda Aceh masih stabil, telah dilakukan pantauan oleh Disperindagkop dan UKM Kota sampai minggu ke III Februari ini. Namun tetap kita salurkan untuk menekan harga di pasaran” tambah Ari.

Ditanya berapa jumlah RTS di Banda Aceh, Ari mengungkapkan bahwa terdapat 6160 RTS di seluruh Banda Aceh dan seluruhnya akan mendapatkan beras raskin dari Pemerintah.

“Jumlah raskin yang disalurkan sesuai dengan data yang diperoleh dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), jadi akan ada jadwal selanjutnya untuk Kecamatan-kecamatan yang lain” ujar Ari.

Adapun jadwal selanjutnya, Kata Ari, pada hari Kamis (26/2) disalurkan lagi untuk Jaya Baru dan Kecamatan Meuraxa.

Kebijakan yang dilakukan Pemko dan Bulog Aceh ini lebih cepat dari perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang meminta Bulog menyalurkan beras bagi rakyat miskin (raskin) sebanyak 300.000 ton untuk bulan ini. Seperti diberitakan sejumlah media nasional, perintah Wapres baru keluar pada Selasa siang (24/2)  yang bertujuan untuk menambah pasokan beras di masyarakat sehingga diharapkan bisa menstabilkan harga beras yang mulai naik. (Mkk)


SHARE: