Illiza Minta Keuchik Serius Kelola Keuangan Gampong

Banda Aceh – Keuchik merupakan ujung tombak pembangunan Kota Banda Aceh. Membangun infrastruktur tidaklah sulit jika dibandingan dengan membangun manusia. 

Begitu ungkap Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE dalam sambutannya usai pelantikan Hasanuddin Anzib sebagai Keuchik Gampong Geuceu Iniem, Banda Raya, Banda Aceh di meunasah setempat, Minggu (22/2/2015)

Memimpin sebuah gampong, kata wali kota, relatif lebih mudah daripada  memimpin diri sendiri. “Mata, telinga, mulut, tangan dan kaki kita akan diminta pertanggungjawabannya kelak oleh Allah di akhirat, belum lagi amanah yang kita emban hari ini,” pesan Illiza..

Pada kesempatan itu, wali kota juga mengapresiasi DPRK Banda Aceh yang teleh menyelesaikan pembahasan APBK 2015 tepat waktu. “Gampong terus diberi peran lebih dalam pembangunan oleh pemerintah pusat, termasuk alokasi anggaran baik berupa ADG maupun BKPG. Untuk ADG sudah bisa dicairkan pada awal Maret dan BKPG pada awal April nanti.”

Untuk itu, Wali Kota Illiza mengingatkan keuchik beserta aparaturnya untuk serius mengelola keuangan desa. “Satu rupiah pun harus kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Allah SWT. Tahun pertama ini menentukan langkah kita kedepan, jangan gara-gara uang berakhir di penjara.”

Hal lain yang disinggung wali kota adalah soal bantuan rumah duafa. “Pak keuchik tolong sampaikan kepada kami data yang valid, siapa yang paling berhak menerima rumah dhuafa. Jangan main-main soal rumah duafa ini, maupun dana bantuan lainnya,” tegas Illiza.

Di penghujung sambutannya, wali kota meminta masyarakat untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan Syariat Islam. “Jika Banda Aceh betul-betul bisa menjadi Serambi Mekkah, tentu akan lebih ramai lagi yang datang ke kota kita. Akhir kata, selamat kepada keuchik yang baru dilantik, semoga kita bisa mengakhiri jabatan ini dengan khusnul khotimah,” pungkas Wali Kota Illiza.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Hasanuddin Anzib sebagai Keuchik Geuceu Iniem periode 2015-2021 dipimpin oleh Camat Banda Raya Drs Saiful Azhar. Hasanuddin sendiri menggantikan Nawawi Daud yang sebelumnya menjabat Pjs Keuchik Geuceu Iniem.

Acara yang ditutup dengan jamuan makan siang bersama itu turut dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadhillah SIKom, sejumlah anggota dewan dan pejabat Pemko Banda Aceh serta unsur Muspika Banda Raya dan ratusan masyarakat setempat. (Jun)


SHARE: