Akhir April, Remaja Masjid Se-Indonesia Berkumpul di Banda Aceh

 

Banda Aceh – Pada minggu terakhir April 2016 mendatang, Remaja Masjid Se-Indonesia dijadwalkan akan berkumpul di Kota Banda Aceh untuk mengikuti Pekan Pemuda Remaja Cinta Masjid (Pertama). Acara yang akan diikuti oleh sekitar 1.000 peserta ini digelar untuk ikut memeriahkan HUT Kota Banda Aceh yang ke-811.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) T Adiansyah saat bersilaturahmi dengan Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di balai kota, Rabu (10/2/2016).

T Adiansyah datang bersama Ketua MPD BKPRMI Banda Aceh Nazaruddin Ibrahim dan sejumlah pengurus, sementara Illiza didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh M Nurdin dan sejumlah Kepala SKPK terkait.

Kepada wali kota, Adiansyah menyampaikan kegiatan tingkat nasional tersebut merupakan realisasi salah satu program BKPRMI Banda Aceh tahun ini. “Harapan kita, dengan acara ini para pemuda semakin mencintai masjid, di samping mengenalkan Banda Aceh sebagai model Kota Madani kepada peserta dari luar daerah.”

“Selain peserta dari dalam negeri, kami rencananya juga kan mengundang perwakilan Remaja Masjid dari beberapa negara sahabat antara lain Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Total peserta sekitar 1.000 orang. Pada kesempatan yang sama, DPP BKPRMI juga mengagendakan Rapimnas di Banda Aceh,” tuturnya.

Adapun kegiatan “Pertama 2016” ini akan dipusatkan di Kecamatan Meuraxa. “Kegiatan utama yakni menghidupkan masjid dengan shalat berjamaah, ceramah agama, dan pengajian. Selain itu, kami juga akan menggelar bakti sosial berupa penanaman Mangrove. Untuk kegiatan pendukung, kami merencanakan city tourke situs-situs wisata, pentas seni islami, donor darah, cek kesehatan gratis, dan bazar.”

Sementara untuk kegiatan lokal di beberapa gampong, sambung Adiansyah, pihaknya akan melibatkan masyarakat sebagai pesertanya. “Kami akan mengadakan pelatihan Iqra, Shalat Jenazah, sosialisasi Narkoba, penanggulangan bencana, dan pengkaderan remaja masjid,” katanya seraya mengharapkan dukungan penuh dari Pemko Banda Aceh.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Illiza menyambut baik penyelenggaraan event berskala nasional yang digagas BKPRMI Banda Aceh tersebut, dan menyatakan siap mendukung kesuksesan “Pertama 2016”. “Kami siap menyukseskan acara ini, karena sejalan dengan visi Banda Aceh Model Kota Madani, dan memang menjadi salah satu misi kita untuk meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan, baik secara fisik maupun non fisik.”

“Koordinasi dengan BKPRMI terkait apa-apa yang dibutuhkan akan terus kita bangun hingga menjelang pelaksanaan kegiatan. Harapan kita semua tentu acara ini bisa berlangsung sukses dan dapat mengharumkan nama Banda Aceh. Semoga Allah memudahkan segala upaya dan ikhtiar kita ini,” pungkas Illiza. (Jun)


SHARE: