Wali Kota Sambut Kunjungan Dekranasda Aceh ke Gampong Doy

 
 
Banda Aceh – Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng mendapat kunjungan dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Darwati A Gani, Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau hasil kerajinan Gampong tersebut dan dilakukan pembinaan.
 
Rombongan Dekranasda Aceh ini disambut langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh Nurmiaty AR, dan Keuchik Gampong Doy Samsuddin beserta warga setempat. 
 
Aminullah Usman menyambut baik kunjungan Ketua Dekranasda Aceh ini. Ia berharap dengan kunjungan ini dapat menjadi spirit dan motivasi bagi warga Gampong Doy untuk terus berinovasi, berkreatifitas, dan mengangkat semangat berwirausaha. “Dengan semangat ini maka pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas kerajinan sehingga mampu mendorong peningkatan pendapatan keluarga.”
 
“Kami berharap masyarakat dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, ciptakan desain-desain baru yang menarik yang disesuiakan dengan trend atau keinginan pasar masa kini. Jadikan internet dan media sosial untuk mencari inovasi-inovasi terkini dan manfaatkan sebagai media promosi hasil-hasil kerajinan yang dihasilkan,” ujar Aminullah.
 
Aminullah menambahkan dengan hidupnya kerajinan gampong maka akan membantu pemerintah kota Banda Aceh dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan yang menjadi masalah selama ini. Ia mengharapkan warga  tak perlu khawatir mengembangkan usaha kreatif ini, karena Pemko Banda Aceh juga sedang gencar menggenjot sektor wisata.
 
“Prospek usaha ini akan gemilang ke depan seiring dengan usaha Pemko dalam menggenjot bidang wisata. Kita akan menarik orang luar Aceh dari seluruh Nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Aceh. Pemko juga akan membangun sebuah bangunan representatif untuk kegiatan zikir internasional. Dengan banyaknya kunjungan orang dari luar ke Banda Aceh otomatis akan membantu meningkatkan ekonomi rakyat, contoh kecil adalah mereka akan membeli oleh-oleh berupa kuliner dan hasil kerajinan dari Banda Aceh,” imbuhnya.
 
Selain itu ia mengatakan bahwa letak geografis Kota Banda Aceh berbeda dengan wilayah Aceh lainnya. Daerah Tengah, Barat-Selatan, Utara, hingga Timur Aceh mempunyai cadangan potensi alam yang luar biasa. Oleh karena itu ia mengajak warga Banda Aceh untuk kreatif dalam mengembangkan usaha di bidang kerajinan tangan dan kuliner, karena kota ini tak mempunyai hasil alam seperti daerah lain tersebut.
 
Darwati Ajak Figur Publik Promosikan Aceh di Medsos
 
Ketua Dekranasda Aceh, Darwati A Gani mengajak masyarakat khususnya figur publik di Aceh untuk gencar mempromosikan Aceh di media sosial. Ia beralasan hal tersebut sangat perlu dilakukan karena selama ini Aceh masih dianggap sebagai daerah yang tidak aman sehingga wisatawan masih ragu untuk berkunjung ke Tanah Rencong ini.
 
“Mari kita informasikan ke luar bahwa Aceh aman dengan memanfaatkan media sosial, agar semakin ramai orang datang ke Aceh, kita semua harus jadi duta wisata,” ajak istri Gubernur Aceh tersebut.
 
Darwati mengatakan kunjungan ini merupakan agenda Dekranasda Aceh untuk mendukung usaha kerajinan rakyat. Kunjungan ini juga dilakukan ke 23 kabupaten/kota se-Aceh.
 
Di akhir acara, Wali Kota Banda Aceh menyerahkan empat unit mesin bordir dan satu unit mesin cangklung untuk finishing produk. Penyerahan ini diterima secara simbolis oleh Keuchik Gampong Doy Samsuddin. Sementara itu, Ketua Dekranasda Aceh juga menyerahkan 72 meter kain Sifon Arab. (Hfz) 

SHARE: