Pemko Banda Aceh Kirim 19 Santri Tahfiz ke Thailand dan Malaysia

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Baitul Mal Banda Aceh mengirimkan 19 santri untuk melanjutkan studi Tahfiz Al-Quran selama tiga tahun ke Thailand dan Malaysia. Pelepasan para santri digelar secara resmi di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Selasa (25/7/2017) malam. 

Kepala Baitul Mal Banda Aceh Safwani Zainun mengatakan ke-19 santri tersebut terdiri dari 14 laki-laki dan lima perempuan. “Dua orang dari mereka lulusan SMA, empat lulusan SMP, dan sisanya dari tingkatan SD,” katanya.

“Selama tiga tahun, mereka akan kita tempatkan di Ma’had Tahfiz di Provinsi Yala, Thailand, serta sebagian di Penang dan Kedah, Malaysia. Hasil survei kami, Ma’had Tahfiz di Provinsi Yala itu merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Selain dari Asia, santrinya juga ada dari Afrika dan Timur Tengah.”

Ia berharap program beasiswa tahfiz yang dananya berasal dari senif zakat fakir miskin kategori produktif kreatif ini dapat menjadi nilai tambah bagi para Muzakki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Banda Aceh. “Untuk gelombang pertama ini kita salurkan dana Rp 350 juta per tahun.” 

“Program beasiswa tahfiz quran ini semoga menjadi pilot project bagi anak-anak kita ke depan untuk mempersiapkan generasi gemilang yang hafal dan memahami isi Al-Quran. Komitmen kami di Baitul Mal untuk selalu bersinergi dengan lintas SKPK untuk membumikan Al-Quran guna mewujudkan Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah,” sebutnya.

Dalam arahannya usai pelepasan, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan program beasiswa tahfiz quran sangat tepat diluncurkan Baitul Mal karena sejalan dengan visi Banda Aceh Gemilang yang salah satu prioritas pembangunannya adalah dalam bidang agama.

“Kami ingin ke depan program ini dapat lebih besar lagi kita gelar. Semoga semakin banyak Muzakki yang tergerak hatinya untuk mengeluarkan zakatnya, sehingga semakin banyak pula anak-anak kita yang dapat diberikan beasiswa serupa,” katanya pada acara yang turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin dan sejumlah Kepala SKPK serta para orangtua/wali santri tersebut.

Kepada para santri yang akan berangkat, ia berpesan agar kesempatan berharga ini dapat dimaksimalkan sebaik mungkin dengan belajar yang tekun dan rajin. “Selesaikan niat yang sudah tertanam di dalam hati, dan harus banyak bersabar selama berada di luar negeri, dan sekembalinya nanti dapat menjadi seorang Hafiz Quran.”

“Ingat, jangan terpengaruh dengan pergaulan yang tidak baik, karena godaan pasti selalu ada. Pesan kami, kuatkanlah iman anak-anakku semua, kami tunggu kadonya untuk warga Kota Banda Aceh yakni hafalan Al-Quran 30 juz. Jaga nama baik Aceh, Banda Aceh dan orangtua. Jangan lupa untuk mempromosikan wisata islami yang ada di kota kita, karena kalian juga menjadi duta wisata Banda Aceh selama belajar di luar negeri,” pungkasnya. (Jun)


SHARE: