Siswa Ikuti Tausyiah Keislaman

“ Salah satu upaya membentuk Kota Banda Aceh sebagai model Kota Madani adalah dengan menjadikan warganya orang-orang yang bertaqwa kepada Allah swt, dan salah satu jalannya adalah dengan melaksanakan kajian-kajian ke-Islaman seperti kegiatan dialog dakwah yang kita lakukan saat ini “, ujar Sekda.
Dialog ke-Islaman turut dihadiri beberapa Staf Ahli, Kadis Syari’at Islam Kota Banda Aceh, Kabag Keistimewaan Kota Banda Aceh serta para guru dari beberapa sekolah lebih lanjut Sekda mengatakan selama bulan suci Ramadhan Pemko Banda Aceh akan mengadakan dua belas (12) kali dialog dan tausyiah yang dipusatkan di Aula Pemko Banda Aceh. Ia menyebutkan kegiatan dialog dan tausyiah yang diikuti oleh siswa/i dari SMAN 1, SMAN 2, SMAN 7 dan SMPN 1 Kota Banda Aceh tersebut diprakarsai oleh KPA-PAI Kota Banda Aceh didukung oleh Dinas Syari’at Islam dan Bagian Keistimewaan Kota Banda Aceh.
Sementara Tgk. Saifuddin asal Meureudu Kabupaten Pidie Jaya dalam tausyiahnya mengajak para siswa untuk senantiasa mendalami dan memahami betapa pentingnya bulan suci Ramdhan. Dikatakannya pula untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan dibutuhkan dua persiapan yaitu persiapan mental dan persiapan spiritual. Persiapan mental artinya mari kita sambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh rasa syukur kepada Allah dan dengan kegembiraan. Hendaklah kita tanamkan tekad dan niat kita untuk memberbaiki diri, memperbaiki ibadah puasa kita agar lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan persiapan spiritual adalah membekali diri kita dengan ketentuan, aturan dan hukum-hukum puasa, adab dan etikanya serta amalan-amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah S.A.W selama bulan puasa.
Di samping itu, hendaklah kita berusaha membersihkan hati kita dari sifat-sifat tercela seperti sombong, takabbur, dengki, tamak dan sifat-sifat hina lainnya agar ibadah yang kita laksanakan diterima oleh Allah S.W.T Setelah tausyiah, acara dilanjutkan dengan dialog tanya jawab seputar puasa dan permasalahan aktual lainnya.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / TRZ)


SHARE: