//Grub Utama Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob

Grub Utama Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob

 

Budaya – Grub Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob merupakan komunitas pemuda Desa Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh yang melestarikan khazanah budaya Islam di Aceh melalui nazam atau sya’ir.

Nazam atau sya’ir yang dilantunkan meliputi pesan-pesan nasehat dalam agama Islam, termasuk dengan nasehat seorang anak untuk berbakti kepada ibu-ayahnya, menegakkan syariat Islam, menjauhi maksiat, mengingat akan kematian serta lain sebagainya.

Grub Zikir Teungku Di Lamgugob yang terbentuk pada 17 Maret 2016 ini memiliki dua Grub, yakni grub utama dan grub muda. Grub Utama Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob meliputi usia remaja dan dewasa, sedangkan Grub Muda Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob meliputi usia anak-anak.

Grub Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob dibina oleh pengurus yang dinamakan dengan Kreatifitas Aneuk Lamgugob atau dikenal KAL. Pengurus ini terdiri hanya tiga orang, diantaranya M. Zul Afkar sebagai Ketua, Muliadi, S.Ud sebagai Sekretaris dan Haikal Khalilullah sebagai Bendahara.

Grub tersebut sudah dilatih dari dasar hingga selama dua tahun, dan masih berjalan hingga sekarang. Grub Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob sudah banyak tampil dari satu panggung ke panggung yang lain. Diantaranya ialah tampil di acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tampil di acara aqiqah, pesta pernikahan, lomba dan sebagainya.

Grub ini selain dibina zikir Aceh, juga dilatih dalail khairat dan zikir maulid. Jadi beragam khazanah budaya Islam di Aceh dikembangkan di sini. Alhasil salah satunya keberhasilan Grub Utama Zikir Aceh Teungku Di Lamgugob berhasil keluar sebagai juara 3 pada Musabaqah Zikee Aceh tingkat se-Kota Banda Aceh yang diadakan oleh Majelis Adat Aceh (MAA) Banda Aceh pada April lalu sebagai peserta yang mewakili Kecamatan Syiah Kuala.