//Kunjungan Sosial RMRB

Kunjungan Sosial RMRB

Isak tangis dari seorang perempuan paruh baya yang terdengar dihadapan banyak orang sore hari itu, sehingga membuat orang-orang yg berhadir saat itu terasa sedih yang sangat mendalam, seakan merasa sesuatu yang sama. Kami tidak tahu persis apa yang membuat ia begitu sedih, dan kami menganggap sedihnya ia karena kondisi ekonomi dan anak-anak panti.

Ibu itu bernama Nur Asiyah, yang sejak lama mengurus sebuah panti asuhan yang beralamat di gampong Lampermai Cot Iri Aceh Besar. Panti asuhan ini dibentuk oleh sebuah yayasan besar di Aceh yang bernama Al-washliyah yang pada dasarnya beralamat di gampong Rukoh Darussalam Banda Aceh. Jumlah pengurus panti tidak lebih dari lima orang yang kami lihat dan Jumlah anak-anak pun sekitar lima belas orang.

Saat ditanyai tentang kondisi keluarga mereka rata-ratanya fakir miskin dan banyak yang pulang dan tinggal di rumah masing-masing. Padahal banyak gedung bagus yg tidak di fungsikan. setelah ditanyai sama anak-anak di panti, mereka menjawab bahwa gedung itu  pada awalnya banyak dihuni oleh anak-anak panti, karena kondisi gedung yang angker dan banyak anak-anak panti yang kerasukan arwah ghaib sehingga tidak ada lagi yg menghuninya. Padahal fasilitas serba lengkap.

Hari itu Minggu 10/6/2018 Remaja Masjid Raya Baiturrahman (RMRB) mengadakan kegiatan kunjungan ke panti asuhan, selain memberikan santunan kepada anak-anak panti, remaja masjid mendisain acara ini dengan begitu bagus yaitu hiburan untuk anak-anak panti, ceramah singkat yg disampaikan oleh salah seorang anggota RMRB, penyerahan sembako untuk panti asuhan, shalat magrib berjamaah sekaligus samadiah untuk orang-orang yang sudah duluan meninggalkan kita dan untuk para donatur dan seluruh pendukung perjuangan dakwah RMRB.

Kegiatan kunjungan ini sekaligus menutupi kegiatan-kegiatan RMRB yang ada pada bulan Ramadhan. Adapun kegiatan-kegiatan lainnya adalah bazar buku, safari dakwah, kajian mingguan pemuda, dan bakti sasial yang kali ini diadakan di kecamatan Betung kabupaten Nagan Raya. Kegiatan ini semua dinamakan dengan Gema Ramadhan RMRB yang di hadirkan setiap tahunnya dalam bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan agar para pemuda ramai dan tetap hadir di masjid sambil beri’tiqaf. Sehingga pada bulan suci Ramadhan ini maksimal ibadah yang di lakukannya.

Pada kegiatan kunjungan panti asuhan ini yg sekaligus penutupan kegiatan Gema Ramadhan. Ketua umum Remaja Masjid Raya Baiturrahman yaitu Anwar Ridha, S.Pd. mengatakan dalam kata sambutannya bahwa “kegiatan yang serupa ini tetap harus di lestarikan apalagi kegiatan kunjungan panti asuhan ini karena pahalanya sangat besar untuk mengharapkan keridhaan Allah swt. dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman yang ikut serta mendukung suksesnya kegiatan mulia ini. Semoga Allah swt. membalas amal ibadah ini dengan balasan terbaik. Amien”.