//Tiga Berkah Ramadan di Banda Aceh

Tiga Berkah Ramadan di Banda Aceh

 

Beragam keunikan dan keseruan dinikmati oleh warganya. Ada yang menjalani sembari berbuka puasa bersama dengan keluarga, teman maupun komunitasnya. Ada pula yang menikmati jajanan yang dipasarkan di sepanjang jalan kota.

Menjelang berbuka puasa, banyak keluarga yang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan sembari menikmati keindahan alam yang ada. Ada juga yang mengunjungi tempat wisata sembari ngabuburit bersama keluarga.

Keunikan lainnya di saat malam, dari satu masjid ke masjid lain bergema bacaan Alquran yang dilantunkan secara bergiliran dan juga seirama. Ada tiga keberkahan yang penulis rasakan saat Ramadan di Kota Banda Aceh tercinta.

SAFARI TADARUS DI 27 LOKASI SELAMA RAMADAN


Berkah pertama yang penulis rasakan ialah: bersama ‘Tim Haflah Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia’ atau BKPRMI Banda Aceh dan juga jadwal pribadi, penulis menjadwalkan kegiatan safari tadarus Alquran di sejumlah masjid atau meunasah se-Kota Banda Aceh.

Safari tadarus yang terjadwalkan berjalan penuh khidmat dengan tujuan memperkuat silaturahmi atau solidaritas sesama warga di Kota Banda Aceh. Alhasil penulis berhasil menyelesaikan program tersebut hingga mencapai 27 lokasi selama bulan Ramadan. 27 lokasi tersebut meliputi 27 desa dan juga 9 kecamatan yang berada di ‘Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah’ ini.

SAFARI TADARUS BERHADIAH GENERASI QURANI


Berkah kedua ialah disaat safari tadarus dengan mengunjungi satu masjid ke masjid yang lain, penulis mendapatkan hadiah terbesar dengan menemukan banyaknya generasi Alquran yang mampu melantunkannya dengan suara yang indah.

Hal yang penulis rasakan sangatlah menggembirakan ketika melihat banyak anak-anak Banda Aceh yang mampu membaca kitabullah dengan bagus disaat banyaknya generasi bangsa ini yang buta huruf Alquran.

MUTIARA RAMADHAN DI MIT AL-JANNAH


Berkah yang terakhir ialah kegiatan penulis dengan program ‘Mutiara Ramadhan’ di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Al-Jannah. Program Ramadan di sekolah yang beralamat di Desa Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata ini merupakan kegiatan yang dirancang guna mengevaluasi hafalan Alquran siswa-siswi di MIT Al-Jannah.

Program ‘Mutiara Ramadhan’ selain untuk mengevaluasi hafalan Alquran, kegiatan tersebut dirancang juga dengan kegiatan salat dhuha bersama, tadarus Alquran, perbaikan akhlak dan tilawah Alquran. Alhasil ada siswa setelah program tersebut selesai, sudah banyak anak-anak yang semakin baik akhlaknya dan juga semakin giat dalam menjaga dhuha di masjid dekat rumahnya.

Tiga berkah Ramadan 1439 H di Kota Banda Aceh tersebut menjadi catatan tersendiri bagi penulis. Alhasil penulis merasakan keberkahan Ramadan yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya.