Kerja Sama

Hingga saat ini, Pemerintah Kota Banda Aceh tengah menjalin kerja sama sister city dengan beberapa kota di dunia antara lain Kota Apeldoorn (Belanda), Samarkand (Uzbekistan), dan Kota Higashimatsushima (Jepang).

Dengan Pemko Higashimatsushima, Pemko Banda Aceh sudah membahas kerja sama tahap kedua khususnya dengan HOPE-Community Based Mutual Recontruction Acceleration Program by Utilization of Local Resources in Banda Aceh and Higashimatsushima (CoMU Project) yang bekerjasama dengan JICA, Jepang.

Kerja sama fase pertama Pemko Banda Aceh dengan Kota Higashimatsushima yang juga pernah luluh lantak akibat gempa dan tsunami itu, telah berlangsung sejak April 2014 lalu dan akan berakhir pada Maret 2016 mendatang. Kerja sama kedua pihak pada tahap pertama lebih bersifat umum pada sektor pengelolaan sampah, mitigasi bencana, perikanan dan pariwisata serta community bussiness. Pada tahap pertama pula, kedua belah pihak telah beberapa kali mengadakan program on the job training (pertukaran delegasi) baik PNS maupun masyarakat untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Pada awal Agustus 2015 lalu, Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE juga telah menerima draf Momorandum of Understanding (MoU) jilid dua dari HOPE -perusahaan swasta bentukan Pemko Higashimatsushima yang fokus pada bidang rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Ke depan, Pemko Banda Aceh menawarkan kerja sama lanjutan pada tiga sektor, yakni perikanan, comunal garden, disaster management dan program creative camp.

Baru-baru ini, Pemko Banda Aceh juga tengah menjajaki kerja sama dengan Kota Vukovar, Kroasia, yang ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) pada Senin (26/10/2015) oleh kedua wali kota di Kota Vukopar. Kedua wali kota menyatakan kesediaannya untuk mengembangkan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, budaya, pendidikan, pariwisata dan olahraga. Kerja sama ini nantinya akan dijabarkan lebih lanjut melalui sebuah Memorandum of Understanding (MoU) untuk membangun hubungan sebagai sister city.

Selain itu, Pemko Banda Aceh Aceh juga terlibat aktif dalam perhimpunan kota-kota se-Asia Fasifik seperti United Cities and Local Goverment-Asia Pasifik (UCLG-ASPAC) dan CityNet. Dalam organisasi UCLG-ASPAC, Wali Kota Illiza dipercaya sebagai Ketua Komite Perempuan yang sekretariatnya berkedudukan di Banda Aceh.

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo