Dekranasda Banda Aceh Gelar Pelatihan Menjahit Pakaian bagi Kaum Ibu

Banda Aceh – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh menggelar pelatihan menjahit pakaian bagi kaum ibu se-Banda Aceh, Senin (2/8/2018).

Bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Banda Aceh, pelatihan intensif selama 24 hari yang diikuti oleh 20 peserta ini berlangsung di gedung BLK Banda Aceh di Gampong Lamjabat.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Ketua Dekranasda Banda Aceh Nurmiaty AR berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan kaum ibu dalam bidang menjahit, dan mampu membuka usaha sendiri untuk menambah pendapatan keluarga.

“Bahkan mungkin ke depannya dengan semakin diasah kemampuannya, ibu-ibu akan bisa mengembangkan usaha dan mempekerjakan beberapa karyawan, sebagai upaya membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya,” katanya.

Terkait modal usaha, Nurmiaty mengatakan para peserta nantinya dapat memanfaatkan dana gampong melalui pinjaman bergulir  yang difasilitasi oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Selain itu kita juga dapat meminjam di lembaga keuangan mikro milik Pemko Banda Aceh PT Mahirah Muamalah Syariah. Beberapa SKPK terkait juga mengelola program bantuan  untuk usaha  kecil menengah baik itu pinjaman lunak maupun bantuan peralatan usaha,” tambahnya.

 “Kemudahan-kemudahan tersebut dalam rangka mendukung program Pemko Banda Aceh dalam memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif, khususnya industri rumah tangga,” pungkas Nurmiaty yang pada kesempatan itu turut menyerahkan bantuan perlengkapan menjahit kepada para peserta.(Jun)


SHARE: