Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM bersama warga menyaksikan penampilan kesenian tradisonal Aceh di area CFD, Minggu (15/7/2018).Foto/ist

Car Free Day dan Kiat Wali Kota Serap Aspirasi Warga

Banda Aceh – Car Free Day (CFD) merupakan sebuah event yang menjadikan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM merasa lebih dekat dengan warganya.

Seperti pada CFD yang digelar Minggu (15/7/2018) di sepanjang jalan dari Simpang Lima hingga Simpang Jambo Tape, Banda Aceh, Aminullah kembali berbaur bersama warganya. Wali Kota terlihat minum kopi bareng dan menikmati kuliner, menonton tarian Rapa’i Geleng, bermain tenis meja hingga bermain tali bersama warga kota.

“Car Free Day ini membuat kami lebih dekat dengan warga. Pemko bisa menyerap aspirasi warga kota dari event yang kita gelar setiap minggu ini. Disini, kami tidak memiliki jarak dan bisa mendengarkan langsung saran, ide hingga kriktikan konstruktif. Ini yang kita inginkan untuk pembangunan kota ini,” ujar Aminullah disela-sela menikmati kopi di area CFD.

Selain itu, Aminullah melihat area CFD juga dapat menjadi wahana dalam mensosialisasikan program-program Pemerintah. Banyak juga informasi dan himbauan kepada warga disampaikan pada setiap CFD digelar.

“Sekarang di Banda Aceh sedang berlangsung Muzakarah Ulama Tauhid Sufi Internasional. Saya minta warga kota memberikan pelayanan terbaik agar meninggalkan kesan dan membuat mereka ingin kembali kesini lagi. Kemarin juga ada event Aceh Trail Adventure 2018. Ini semakin membuat perekonomian Banda Aceh menggeliat,” ujar Aminullah.

Dalam berbagai kesempatan, Wali Kota memang sering menyampaikan bahwa Pemko Banda Aceh selalu mendukung setiap ada event yang digelar di Banda Aceh. Karena dari setiap event akan memberikan dampak positif bagi warga Kota. Katanya, kedepan akan lebih banyak event skala besar dilakasanakan di Banda Aceh, seperti Munas KNPI Pusat, PKA ke 7, dan event besar lainnya.

Lanjut Wali Kota, CFD juga menjadi area rekreasi untuk keluarga. Warga kota bisa menikmati ruas jalan yang bebas dari kenderaan bersama keluarga dihari libur.

“Ini bagus, masih dalam suasana bulan memperingati Harganas ini. Kita bisa lebih mencintai keluarga dari CFD ini,” tambah Aminullah.

Manfaat lain, CFD juga memberi kesempatan bagi warga untuk berjualan. Setiap CFD digelar, penjual makanan dan minuman ikut menikmati manfaat karena pendapatannya meningkat.

“Manfaat ekonominya langsung dirasakan para pedagang juga. Dagangan mereka terjual laris dan ada peningkatan pendapatan mereka dibanding hari-hari lainnya,” ungkap Aminullah.

Pada CFD edisi kali ini, Kepala BkkBN Aceh, Sahidal Kastri ikut hadir. Bersama dengan jajarannya Sahidal ikut senam bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh.

Sahidal mengatakan, BkkBN Aceh siap mendukung Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tahun 2020.

“Saya lihat warga Banda Aceh memilii kualitas dari sisi jasmani dan rohani. Mereka menjaga kesehatan dari acara CFD yang digelar setiap hari minggu,” ujarnya.

CFD ini menjadi agenda rutin dan didukung berbagai elemen. Kegiatan ini sangat diminati dan dinanti warga kota. Karenanya, selalu ada pihak ketiga yang mensponsori kegiatan ini. Pemko-pun tidak perlu menggunakan APBK untuk menggelar kegiatan ini. CFD edisi kali inipun disponsori oleh pihak ketiga, yakni Indomaret. (mkk)


SHARE: