Aminullah Minta Pegadaian Bangkitkan UMKM di Banda Aceh

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta agar Pegadaian Syariah untuk ikut serta dalam upaya membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banda Aceh. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah kepada Deputi Bisnis Pegadaian Area Banda Aceh Ferry Hariawan di pendopo wali kota, Jumat (10/8/2018).

Menurutnya, peran pihak perbankan dan lembaga keuangan lainnya termasuk pegadaian sangat diperlukan dalam mendongkrak perekonomian suatu daerah. “Saya berharap Pegadaian dapat meningkatkan pembiayaan bagi para pelaku UMKM sebagai salah satu upaya kita untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Banda Aceh,” katanya.

Pihaknya, kata Aminullah, juga sangat mendukung fokus Pegadaian selama ini dalam membantu masyarakat ekonomi kecil lewat beragam produknya. “Dengan begitu kita juga dapat memerangi praktik rentenir yang tentu tak sesuai dengan syariah.”

Ia juga mengapresiasi pegadaian yang telah menerapkan sistem full syariah di Aceh. “Ke depan harapan kami semua lembaga keuangan dapat beralih dari sistem konvensional ke syariah agar senafas dengan penerapan syariat Islam di Aceh,” katanya.

Hal lainnya, Aminullah meminta Pegadaian untuk membangun satu pintu gerbang masuk di perbatasan kota. “Selaku lembaga keuangan yang telah beroperasi sejak lama di Aceh, ini akan menjadi bungong jaroe bagi masyarakat Aceh,” pungkasnya.

Deputi Bisnis Pegadaian Area Banda Aceh Ferry Hariawan menyebutkan dari sisi bisnis Pegadaian sudah bertranformasi hampir sama seperti perbankan. “Saat ini rata-rata pembiayaan untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang telah kami salurkan sebesar Rp 16 juta. Sementara gadai rata-rata Rp 2,6 juta per nasabah,” ungkapnya.

“Kami juga baru meluncurkan produk baru gadai tanpa bunga. Segmennya untuk masyarakat kecil dengan maksimal pembiayaan Rp 500 ribu. Di samping itu, kami juga punya produk investasi emas dan cicilan emas,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ferry turut membawa formulir pembukaan rekening Pegadaian Tabungan Emas untuk wali kota. Setelah ditandatangani oleh Aminullah, buku rekening tersebut akan diserahkan secara resmi Sabtu (11/8) besok. (Jun)

Link SKPD
Search
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo