Aminullah Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Banda Aceh

Banda Aceh – Kamis (13/12/2018) malam, sekitar pukul 22.00 Wib, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tiba di Aceh. Turun dari pesawat kepresidenan di Bandara Sultan Islandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Jokowi langsung menuju Hotel Hermes Palace.

Di Hotel yang terletak di kawasan Jl P Nyak Makam ini, Presiden sudah ditunggu Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM.

Turun dari mobil sedan dengan nomor plat RI 1, Jokowi yang didampingi Ibu negara terlihat mengenakan kemeja putih dan celana jeans berwarna biru. Sementara Iriana terlihat anggun menggenakan jilbab. Sambil menebar senyum, Jokowi langsung menyalami Aminullah yang sudah berdiri menyambut kedatangannya bersama rombongan di pintu utama hotel tersebut.

“Selamat datang Pak, terimakasih telah datang kembali di Banda Aceh,” ujar Wali Kota sambil mempersilahkan Jokowi dan Ibu Iriana masuk ke lobi hotel.

Jokowi sempat menjelaskan dirinya dan rombongan sedikit terlambat dikarenakan Jakarta dilanda hujan deras, akibatnya pesawat kepresidenan tidak bisa take off on scedhule.

“Jakarta hujan deras Pak Wali, kami sedikit terlambat karena tidak bisa take off on schedule,” ujar Jokowi dengan senyumnya yang terlihat sangat akrab.

Selain berbincang dengan Presiden, Aminullah juga terlihat menyalami Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Ikut juga bersama rombongan dari Bandara SIM, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah.

Setelah berbincang-bincang sejenak, Aminullah langsung mengantarkan orang nomor satu di Indonesia ini menuju kamar untuk beristirahat.

Kata Aminullah, dirinya tidak bisa berbincang lama dengan Jokowi karena Presiden butuh istirahat. Jumat, Jokowi sudah ditunggu jadwal padat. Jadwal Presiden di Banda Aceh dimulai pagi dengan agenda melakukan pertemuan dengan para ulama. Setelah itu, Presiden menuju Gedung Dayan Dawood, Unsyiah dan menyerahkan sertifikat tanah kepada penerima yang sudah ditentukan serta melakukan sosialisasi prioritas pembangunan desa. Usai di Dayan Dawood Presiden dijadwalkan menunaikan shalat Jumat dan makan siang dengan menikmati kuliner khas Aceh, yakni mencicipi ‘Kuah Beulangong’.

Jokowi kemudian dijadwalkan meninjau pembangunan fly over Simpang Surabaya, dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Aceh di Blang Bintang.

Presiden juga melakukan penandatanganan peresmian fly over Simpang Surabaya, Masjid Attaqarrrub Trienggadeng (Pidie Jaya), dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe di lokasi ‘Groundbreaking’ jalan tol. Sorenya, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Pekan Baru. (mkk)