Dinsos Kota Gelar Sosiaisasi Santunan Kematian

Banda Aceh – Dinas Sosial Kota Banda Aceh menggelar sosialisasi santunan kematian. Kegiatan yabg digelar di Aula Lantai II, Gedung C komplek Balai Kota Banda Aceh dibuka oleh Asisten Pemerintahan Setdakota Banda Aceh, Bachtiar S Sos, Jumat (14/12/2018).

Sosialisasi yang dipandu oleh Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos, Azhari sebagai moderator ini diikuti oleh 90 Keuchik dan 9 Camat di Banda Aceh. 

Asisten Pemerintahan Setdakota Banda Aceh, Bachtiar S Sos yang mewakili Wali Kota menyampaikan sosialisasi ini diharapkan agar para peserta dapat memahami apa saja syarat-syarat dan alur untuk mendapatkan dana santunan kematian untuk kemudian disampaikan ke masyarakat. 

Katanya, Pemerintah Kota Banda Aceh akan memberikan santunan sebesar Rp.3 juta bagi keluarga penduduk yang bertempat tinggal tetap di Kota Banda Aceh.

Selain memberi rasa nyaman, lanjutnya, program ini juga memberi perlindungan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh. 

“Namun proses dan ketentuan tentu saja harus tetap diperhatikan. Karena itulah, sosialisasi ini menjadi sangat penting untuk diadakan,” tambah Bachtiar.

Dalam sambutannya, Bachtiar juga menyampaikan bahwa santunan kematian tidak dapat diberikan apabila penduduk Kota yang meninggal diakibatkan oleh terjadinya bencana, bunuh diri, penyalahgunaan narkoba, tindak kejahatan dan/atau pelanggaran Syariat Islam dan pelaksanaan putusan pengadilan.

Sementara Kadinsos Kota, Muzakir menyampaikan sosialisasi santunan kematian merupakan salah satu upaya Pemko Banda Aceh memberikan perhatian kepada warga yang mengalami musibah karean sedang meninggal anggota keluarga.

“Tujuan sosialisasi ini untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa Pemko memiliki kepedulian sosial guna meringankan beban keluarga penduduk yang meninggal dunia. Semua peserta ini nantinya kita minta ikut mensosialisasikan program ini dan ikut menjelaskan kepada masyarakat syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan santunan ini,” ungkap Muzakir.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama Lembaga Keuangan Mahirah Muamalah Syariah (MMS), T Hanansyah juga tampil sebagai nara sumber. T Hanansyah ikut menjelaskan langkah-langkah untuk bisa mencairkan santunan kematian yang diberikan melalui lembaga keuangan yang dipimpinnya. T Hanansyah juga menginformasikan bahwa saat ini MMS telah menyalurkan bantuan modal udaha bagi pelaku usaha kecil di Banda Aceh.

Sosialisasi ini juga dirangkai dengan penyerahan santuan kematian secara simbolis kepada tiga penerima manfaat. Santunan kematian sebesar masing masing Rp.3 juta diserahkan Asisten Pemerintahan dan Kadinsos kepada ahli waris, yakni Nursalin (Kecamatan Baiturrahman), Linda Riani (Kecamatan Meuraxa) dan Ainon Marliyah (Kecamatan Jaya Baru).(mkk)


SHARE: