Wali Kota Terima Hasil Audit Kinerja dari BPK

Banda Aceh – Kepala BPK-RI Perwakilan Aceh, Isman Rudy menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kinerja atas kualitas pelayanan publik bidang perizinan di DPM-PTSP Banda Aceh kepada Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, Jumat (21/12/2018) di Aula Lantai II Kantor BPK-RI Perwakilan Aceh, Jl P Nyak Makam, Lampineung. Laporan hasil audit BPK ini diserahkan Isman Rudi dalam dua dokumen, satu dokumen diserahkan kepada Aminullah dan satu lagi diserahkan kepada Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah.

Turut hadir pada penyerahaan hasil audit ini, Sekdakota Banda Aceh, Ir Bahagia DiplSE, Kepala Inspektorat Banda Aceh, Rita Pujiastuti dan Kepala DPMPTSP, Muchlis SH.

Isman Rudy menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Banda Aceh, dalam hal ini Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) atas capaian dalam memberikan pelayanan publik kepada warga kota.

Hasil laporan yang diberikan, juga disebutkan beberapa poin rekomendasi untuk dijadikan bahan dalam menyempurnakan sistem pelayanan publik, terutama bidang perizinan di Banda Aceh.

Wali Kota, Aminullah Usman sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan BPK terhadap audit kualitas pelayanan di Banda Aceh.

Menurutnya, peran BPK sangat penting dalam rangka mendorong Pemko dan Pemerintah Daerah lainnya untuk terus memberikan kinerja terbaik di berbagai bidang, baik di bidang pelayanan publik maupun bidang lainnya.

“Kita sangat mengapreaiasi BPK, terutama dalam menjalankan fungsi pembinaan. Contohnya, dulu sangat susah bagi Pemerintah Daerah mendapatkan opini WTP atas laporan keuangan. Namun dengan bimbingan dan pendampingan dari BPK, hari ini semakin banyak entitas dan Kabupaten/Kota yang mendapatkan opini WTP. Dan Banda Aceh sudah 19 kali berturut-turut,”ungkap Aminullah yang ditunjuk memberikan sambutan mewakili empat kepala daerah pada acara ini.

Atas poin poin rekomendiasi yang disampaikan Kepala BPK, Aminullah memastikan Pemko akan terus bekerja keras menyempurnakan apa yang telah diraih selama ini.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga menyampaikan dalam waktu dekat akan hadir Mall Pelayanan Publik (MPP) di Banda Aceh untuk memberikan kemudahan bagi warga kota.

“Semua kebutuhan administrasi mulai dari pengurusan KTP, Paspor, SIM hingga izin usaha akan dilayani di MPP nantinya. Lokasinya kita pilih di lantai III Pasar Aceh. Ini nanti akan memberikan multiflier effect karena akan banyak warga yang datang. Pasar juga akan lebih hidup,” tambah Aminullah.

Selain untuk Banda Aceh, BPK juga menyerahkan laporan pemeriksaan atas pengelolaan sumberdaya kesehatan pada penyelenggaraan program JKN Kabupaten Pidie dan Aceh Selatan. Hasil audit ini diserahkan Isman Rudi kepada Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abu Chek) dan Bupati Aceh Selatan, Azwir S Sos.

BPK juga menyerahkan hadil audit atas pengelolaan dan pendanaan pendidikan bagi peserta didik dan kualitas pelayanan publik bidang perizinan Kabupaten Bener Meriah. Laporan diserahkan kepada perwakilan Bupati Bener Meriah dan perwakilan DPRK Bener Meriah. (mkk)

Link SKPD
Search
Berita Foto
Arsip Berita
Tautan
GPR Kominfo