Wali Kota Jadi Inspektur Upacara Prosesi Pernikahan Ajudannya

Banda Aceh – Salah-satu ajudan Wali Kota Banda Aceh, Teuku Muhammad Khaidir SSTP resmi mengakhiri masa lajang. Khaidir, begitu sering disapa mempersunting Fhira Harrikanti S Pd sebagai pasangan hidup. Akad nikah dihelat di Masjid Raya Baiturrahman pada Kamis lalu.

Resepsi pernikahan keduanya digelar dalam bentuk tradisi upacara ala IPDN yang dinamakan prosesi pernikahan pamong praja muda dharma astha brata. 

Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pernikahan yang digelar di Aula Gedung BPSDM Provinsi Aceh, Sabtu (20/7/2019).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota ikut memasangkan cincin purna praja kepada mempelai pria. Sementara istri Wali Kota yang juga Ketua TP PKK Kota, Hj Nurmiaty AR memberikan baju Darma Wanita kepada mempelai wanita.

Prosesi pernikahan alumni STPDN angkatan XXII ini berlangsung khidmat dan menarik perhatian tamu undangan. Para Purna Praja membentuk pasukan yang mengiringi kedua mampelai. 

   

Prosesi ini merupakan tradisi korps purna praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam mengantar sekaligus memberikan penghormatan kepada alumni yang akan melangkah memasuki lembaran kehidupan rumah tangga. Prosesi ini membentuk formasi Bintang Astha Brata yang merupakan simbol bagi seseorang pemimpin berjiwa pamong praja.

Tampak dalam upacara tersebut beberapa barisan purna praja IPDN mengiringi kedua mempelai memasuki ruangan sekaligus menghantar mimbar pernikahan, diiringi dengan langkah perlahan oleh purna praja IPDN. pembentukan formasi Bintang Astha Brata mengelilingi kedua mempelai.

Usai mengenakan cincin purna praja kepada Teuku Teuku Muhammad Khaidir SSTP, Wali Kota Aminullah didampingi istri memberikan nasehat kepada kedua mempelai.

Wali Kota dalam arahan singkatnya mendoakan agar Khaidir dan Fhira menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah dan juga mengingatkan kedua mampelai terus beribadah dan jangan lupa kepada kedua orangbtua.

“Saya mewakili orang tua berpesan pada kalian berdua, bangunlah keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Tetap rajin beribadah dan jangan lupakan orang tua,” pesan Wali Kota.(mkk)


SHARE: