Wali Kota Banda Aceh Raih BAZNAS AWARD

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kembali menerima penghargaan di level Nasional. Penghargaan Kali ini datang dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Penghargaan dari Ketua Baznas Pusat, Bambang Sudibyo, diserahkan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin kepada Walikota Banda Aceh yang diwakili oleh Kabag Keistimewaaan dan Kesejahteraan Rakyat, Arie Maula Kafka.

Penyerahan penghargaan dengan katagori Kepala Daerah Pendukung Kebangkitan Zakat 2019 itu, dilaksanakan di Aula HM Rasyidi, Kemenag RI, Senin (26/08) kemarin.

Penghargaan ini dimulai dengan melakukan penjaringan oleh tim penilai yang ditunjuk BAZNAS. Penjaringan telah dilakukan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus lalu.

Aminullah dinilai mampu meningkatkan pemasukan zakat di Banda Aceh melalui Baitul Mal lewat regulasi dan kebijakan-kebijakan yang telah dijalankan.

Penghargaan tersebut, kata Aminullah, adalah apresiasi terhadap warga Banda Aceh yang telah peduli dan taat membayarkan zakatnya. Dan disamping itu mampu memacu pendistribusian zakat kedepannya.

 

Foto: Hayatullah Pasee

 

“Penghargaan menjadi pemicu semangat kita dalam meningkatkan penerimaan zakat dan distribusi yang tepat sasaran,” kata Aminullah, Selasa (27/8/2019), di Balaikota.

Aminullah juga menegaskan, Pemko dalam hal  ini terus melakukan berbagai upaya dan sosialisasi agar para muzakki sadar zakat.

“Kita akan terus berupaya keras meyakinkan para wajib zakat untuk menyetor ke badan zakat resmi daerah, yakni Baitul Mal,” ujarnya.

Karena melalui Baitul Mal, tambahnya, penyaluran dana zakat lebih baik dengan program-program yang dimiliki Pemko, seperti Rumah Duafa, bantuan bagi fakir miskin dan uzur, pelatihan skill bagi pemuda yang putus sekolah dan kurang mampu.

“Kita juga lakukan pembinaan terhadap muallaf, beasiswa tahfidz luar negri hingga bantuan masjid/musholla se-Banda Aceh.”

Ia juga mengungkapkan, penyaluran dana zakat melalui program tersebut dilakukan sebagai upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Banda Aceh.(riz)


SHARE: