Buka Pameran Karya Mahasiswa Arsitektur Unmuha, Ini Pesan Cek Zainal

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin membuka secara resmi Pameran Karya Mahasiswa Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, Rabu (27/11/2019).

Ajang tahunan ke-6 yang menampilkan beragam karya mahasiswa Teknik Arsitektur Unmuha tersebut, berlangsung hingga Jumat (29/11) di halaman kampus Unmuha Aceh di kawasan Batoh.

Dalam sambutannya, Cek Zainal -panggilan akrab Zainal Arifin- mengharapkan ke depan agar para mahasiswa melakukan ekspansi ke luar kampus. “Sesekali buat pameran di luar area kampus agar lebih dikenal masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga menitip pemikiran bagi mahasiswa arsitektur untuk memasukkan identitas Aceh dalam setiap rancangan bangunan yang digambarnya. “Masukkan nilai-nilai kearifan lokal kita masyarakat Aceh,” pintanya.

Soal budaya hidup bersih juga menjadi concern Cek Zainal, “dalam setiap promosi rancang bangun rumah, jangan hanya gambar orang dan mobil yang dimasukkan, tapi juga tampilkan tong sampah agar masyarakat semakin familiar dengan budaya bersih.”

Terakhir ia mendorong para arsitek untuk mendesain interior gedung di Aceh dengan konsep yang lebih transparan dan mengurangi penggunaan dinding/sekat pembatas. “Ini untuk meminimalisir ‘cinta lokasi’, sekaligus mendukung penerapan syariat Islam di daerah kita,” pungkasnya.

Usai membuka acara, Cek Zainal berkesempatan untuk meninjau arena pameran dan sejumlah sarana dan prasarana di Gedung Fakultas Teknik Unmuha. Turut mendampingi wakil wali kota, Dekan FT Unmuha Hafnidar, dan sejumlah civitas akademika lainnya. (Jun)


SHARE: