Amin-Zainal Hadiri Maulid di Sejumlah Gampong

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sabtu (14/12/2019) menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di beberapa Gampong di Banda Aceh.

Di awali di Masjid Subulussalam Gampong Punge Blang Cut, Ateuk Munjeng, berlanjut ke Gampong Ceurih dan terakhir di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng.

Seperti biasa, setiap menghadiri Maulid Nabi yang digelar di gampong gampong, Wali Kota selalu hadir. Aminullah memandang peringatan hari besar Islam seperti peringatan Maulid Nabi menjadi momentum dirinya menyerap aspirasi warga kota.

 

 

Peringatan maulid, selain momentum bagi kita semua meneladani sifat sifat Rasulullah, bagi Saya juga kesempatan untuk menyerap aspirasi warga kota,” ujar Aminullah.

Kehadiran Aminullah dan Chek Zainal–sapaan akrab Wakil Wali Kota–di setiap masjid disambut antusias warga setempat.

Wali Kota yang datang bersama rombongan juga ikut mencicipi hidangan maulid berupa masakan khas Aceh (Kuah Beulangong) bersama warga.

Wali Kota juga mengatakan, hikmah Maulid Nabi, disamping meningkatkan rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW juga menjadi ajang silaturrami bagi sesama warga, karena sudah menjadi tradisi disetiap maulid yang digelar di gampong-gampong di Banda Aceh selalu mengundang warga kampung tetangga dan juga anak anak yatim.

 

 

“Menjadi ajang silaturrahmi bagi sesama warga kota. Kita lihat masyarakat sangat senang hidangan yang mereka suguhkan bisa dinikmati oleh tamu. Dan tamu undangan pun juga ikut senang kehadiran mereka dimuliakan tuan rumah. Hidangan yang berlimpah kemudian bisa dibawa pulang untuk dinikmati di rumah oleh tamu dari gampong-gampong tetangga,” kata Aminullah.

Menurutnya, tradisi ini tidak ternilai harganya dan ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Bersama warga, Aminullah-Chek Zainal ikut berbaur menikmati hidangan maulid dan berkesempatan berbincang bincang mendengarkan saran dan masukan warga terhadap program pembangunan kota.(riz)


SHARE: