Wali Kota Minta Warga Waspada ODP Menjadi 352 Orang

  • Aminullah Ajak Warga Budayakan Pakai Masker Dan Cuci Tangan

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta warga untuk tetap siaga dan waspada ditengah pandemi corona atau Covid-19 yang kini melanda.

Informasi dari Dinas Kesehatan kota, hingga Jumat (3/4/2020), jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Banda Aceh terus bertambah menjadi sebanyak 404 orang. 52 orang dinyatakan selesai dalam pemantauan, kini 352 orang sisa tersebar di seluruh kecamatan di Banda Aceh.

Berharap lebih baik, wali kota meminta warga untuk terus menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas diluar rumah. Kalaupun ada yang beraktivitas tetap menjaga jarak 5 kaki atau 1 sampai 1,5 meter dan memakai masker.

“Di lingkungan masing-masing, saya harap para warga terus terapkan physical distancing jika berkomunikasi dengan yang lainnya, jangan ada yang ambil risiko, hindari kontak langsung dengan ODP” kata Aminullah, Jumat (3/4/2020) dalam video conference-nya.

Aminullah juga meminta para warga untuk tidak panik atas informasi ODP tersebut. Wali kota meminta warga cukup lakukan instruksi sesuai prosedur yang telah diimbau.

“Biasakan mencuci tangan dengan sabun usai beraktivitas dan sebelum menyentuh bagian wajah intinya. ODP ini tidak membahayakan, hanya saja mereka harus melalui masa 14 hari dalam karantina mandiri, kebanyakan dari mereka adalah negatif. Namun kita harus tetap waspada,” ujar Aminullah.

Sekedar informasi, Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Corona atau COVID-19 di Aceh, hingga Kamis (2/4/2020) kemarin, tercatat sebanyak 1.003 kasus. Ada penambahan sebanyak 110 kasus dibandingkan sehari sebelumnya.

ODP yang telah selesai pemantauan sebanyak 192 kasus, dan 811 ODP lainnya masih dalam proses pemantauan petugas kesehatan, kata Juru Bicara COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG.

Jumlah PDP yang dirawat di rumah sakit rujukan provinsi maupun kabupaten/kota sebanyak 12 kasus, termasuk 4 kasus PDP terkonfirmasi positif. Kini mereka dirawat di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Sedangkan PDP yang pulang dan sehat sebanyak 37 kasus.

Skala nasional, melalui jubir pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengungkapkan, hingga Kamis (2/4/2020) total jumlah pasien Covid-19 di Indonesia mencapai 1.790 kasus. Dari jumlah itu korban meninggal mencapai 170 jiwa, dan 112 pasien sembuh.

Mengutip sumber dari Worldoinfo.com, hingga Jumat (3/4/2020), tercatat 1.026.688 orang lebih di seluruh dunia terjangkit Covid-19. Sementara korban meninggal dunia sebanyak 54.045 dan 218.573 orang berhasil disembuhkan.(riz)


SHARE: