Ketua DPRK Buka Lomba Dalail Khairat

 

Banda Aceh-Ketua DPRK Banda Aceh Yudhi Kurnia, SE Selasa (23/4) malam membuka lomba Dalail Khairat. Dalam sambutannya, Yudhi mengatakan, budaya merupakan cara berprilaku, menegakkan harkat dan martabat manusia. Ini diperlukan untuk mengukur seberapa jauh seseorang dalam kehidupan bermasyarakat bisa bertindak. Moral, etika, nilai, kreatifitas manusia, adalah aspek-aspek penting yang membentuk budaya itu dalam masyarakat, katanya.

Dikatakannya, sebagai masyarakat yang berakar pada agama dan kebudayaan Islam, tentu kita membutuhkan sarana untuk mengaktualisasi diri melalui cara-cara yang memang menjadi bagian dalam perkembangan agama itu dalam kehidupan di dalam masyarakat kita. Dan Dalail Khairat adalah salah satu cara masyarakat Banda Aceh untuk menunjukkan budaya dan menjadi bagian syiar agama.

Adat ini menjadi bukti bahwa adat Aceh memiliki akar dan struktur yang kuat, yakni kultur yang berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam dan budaya islami. Yudhi menambahkan, di tengah hiruk pikuk kehidupan duniawi ini, Dalail Khairat menjadi penenang, yang menghilangkan kebingungan dalam hati kita. Bersalawat bersama-sama untuk mengagungkan nama Allah dan kekasihnya Muhammad SAW, adalah obat hati agar tak mudah diserang penyakit duniawi yang semakin lama semakin berat kita rasakan.

Dikatakan, kegiatan yang digelar oleh MAA ini menjadi salah satu bagian penting dalam upaya kita merawat dan melestarikan budaya Aceh karena kegiatan ini melibatkan pula para remaja. Di sisi lain, katanya lagi, kegiatan ini semakin menebalkan wujud Kota Madani di Banda Aceh. Kegiatan ini hendaknya bisa terus menjadi agenda dalam kalender kegiatan MAA Banda Aceh. Sehingga masyarakat di seluruh kota ini terus menantikan kegiatan islami ini.


SHARE: